Pertemuan Jokowi-Prabowo 'Kado Manis' di Akhir Pekan

Achmad Fardiansyah , Okezone · Minggu 14 Juli 2019 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 14 605 2078586 pertemuan-jokowi-prabowo-kado-manis-di-akhir-pekan-ojW2OLmjxv.jpg Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta (foto: Ist)

JAKARTA - Ada moment bersejarah di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ya, Presiden terpilih Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto akhirnya bertemu pascaputusan sengketa hasil Pilpres 2019 yang bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo bagai 'kado manis' di akhir pekan untuk rakyat Indonesia, karena moment bersejarah tersebut berlangsung pada Sabtu 14 Juli 2019.

Baca Juga: Pertemuan Jokowi dan Prabowo Simbol Persatuan Rakyat 

Prabowo: Kita Bangga Indonesia Punya MRT

Prabowo tiba lebih dulu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019) sekitar pukul 09.50 WIB. Ia tampak didampingi Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Kepala BIN Budi Gunawan, Waketum Gerindra Edhy Prabowo dan Seskab Pramono Anung.

Sedangkan Presiden Jokowi tiba di tempat yang sama sekira pukul 10.06 WIB. Keduanya kompak mengenakan baju kemeja warna putih. Prabowo langsung menyambut kedatangan Jokowi.

Jokowi lantas memberi hormat hingga keduanya pun bersalaman. Menurut rencana, keduanya bakal menaiki MRT bareng untuk menuju ke kawasan Senayan.

Setibanya di Stasiun MRT Istora Mandiri di Senayan, keduanya sempat memberikan keterangan pers, seraya memperlihatkan kepada publik jika keduanya tampak akur pasca Pilpres 2019.

Bahkan, Prabowo mengucapkan selamat untuk pertama kalinya kepada Jokowi sebagai presiden terpilih untuk periode 2019-2024.

“Saya ucapkan selama bekerja. Saya juga ucapkan selamat bertambah rambut putih,” kata Prabowo di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, kemarin.

Bertemu Prabowo, Jokowi: Tidak Ada Lagi 01 & 02 Apalagi Cebong-Kampret

Mantan Danjen Kopassus itu juga menjelaskan alasan mengapa dirinya belum mengucapkan selamat kepada Joko Widodo (Jokowi) setelah penetapan presiden terpilih oleh KPU.

“Ada yang bertanya kenapa Pak Prabowo belum ucapkan selamat atas Pak Jokowi ditetapkan sebagai presiden, saya katakan ini bagaimanapun ada tata kromo, jadi kalau ucapan langsung maunya tetap muka,” ujar Prabowo.

Prabowo menegaskan jika dirinya tetap bersahabat dengan Jokowi meskipun keduanya usai bertarung di Pilpres 2019, meskipun keduanya kerap melemparkan pernyataan berbeda selama beberapa bulan belakangan.

“Tadi dikatakan Pak Jokowi, kami bersahabat, berkawan. Memang kenyataannya begitu. Kalau bersaing, itu tuntutan politik,” ujarnya.

Sedangkan Jokowi mengatakan, pertemuan tersebut telah direncanakan sejak lama, namun karena kesibukan masing-masing maka belum bisa terlaksana.

"Pertemuan saya dengan Bapak Prabowo pada pagi hari ini adalah pertemuan seorang sahabat, pertemuan seorang kawan, pertemuan seorang saudara, yang sebetulnya ini sudah kita rencana lama tapi karena Pak Prabowo juga sibuk, kemarin mondar-mandir ke luar negeri, saya juga begitu, pergi ke luar daerah, ada juga ke luar," tutur Jokowi.

Jokowi pun bersyukur dirinya dan Prabowo bisa bertemua pagi ini, terlebih momen tersebut dibarengi dengan menjajal MRT yang belum pernah dinaiki Prabowo.

Presiden Indonesia itu selanjutnya menekankan bahwa Pilpres yang disebutnya 'sangat keras' telah usai dan diharapkan seluruh pendukung ikut bersatu, tak ada lagi 01 dan 02 atau panggilan cebong dan kampret.

"Tidak ada lagi yang mamanya cebong, tidak ada lagi yang namanya kampret, yang ada adalah Garuda Pancasila," ujar Jokowi.

Usai Jajal Naik MRT, Jokowi dan Prabowo Santap Makan di Sate Senayan

Selanjutnya, moment keakraban Jokowi dan Prabowo berlanjut saat makan berasama di FX Sudirman, Senayan, Jakarta. Keduanya makan di restoran Sate Khas Senayan dengan duduk berdampingan.

Baca Juga: Pertemuan Jokowi dan Prabowo Bukti Seluruh Elemen Bangsa Ingin Indonesia Bersatu 

Pantauan Okezone di lokasi, Sabtu (13/7/2019), keduanya terlibat diskusi hangat. Sesekali mereka menyapa awak media yang sudah berkerumun sejak pagi.

Setelah melangsungkan pertemuan sebagai ajang rekonsiliasi dan makan siang bersama di kawasan Senayan dengan Jokowi, Prabowo pun pamit pulang sekira pukul 11.20 WIB, Prabowo beranjak meninggalkan presiden terpilih setelah keduanya makan siang bersama di restoran Sate Khas Senayan.

Keduanya terlebih dahulu bersalaman menandakan perpisahan setelah makan siang dan menjajal moda transportasi MRT bersama dari Stasiun Lebak Bulus menuju Stasiun Istora Mandiri.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini