nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belasan Bangunan di Banyuwangi Rusak Akibat Gempa Magnitudo 5,8

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 16 519 2079602 belasan-bangunan-di-banyuwangi-rusak-akibat-gempa-magnitudo-5-8-hG0VFKxwUB.jpg Rumah di Banyuwangi rusak akibat gempa magnitudo 5,8. (Foto : Avirista Midaada/Okezone)

BANYUWANGI – Sedikitnya 12 bangunan di Banyuwangi, Jawa Timur, rusak akibat terdampak guncangan gempa yang berpusat di Nusa Dua, Bali. Bangunan rusak yang terdiri atas rumah warga, rumah ibadah, dan kantor kecamatan itu tersebar di 7 kecamatan Banyuwangi.

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone hingga Selasa siang (16/7/2019), di Kecamatan Tegaldimo misalnya, lima bangunan mengalami kerusakan dan roboh. Di antara bangunan yang rusak itu adalah rumah warga, seperti rumah Yanto yang roboh di Dusun Persen, Desa Kedungasri; rumah Suherman yang gentengnya rusak di Dusun Purworejo, Desa Kalipait.

Kemudian bangunan sekolah SDN 4 Kalipait dan SDN 4 Kendalrejo, mengalami kerusakan cukup parah. Gempa juga menyebabkan kerusakan di rumah walet milik Maseno di Dusun Pondok Asem, Desa Kedungasri.

Sementara di Kecamatan Pesanggaran, terdapat 2 bangunan yang rusak akibat gempa, yakni Pos Linmas Desa Pesanggaran dan Masjid Nurul Iman yang atapnya roboh di Dusun Rajekwesi, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

Rumah di Banyuwangi rusak akibat gempa 5,8. (Avirista Midaada/Okezone)

Di Kecamatan Blimbingsari, Srono, Cluring, dan Glenmore terdapat masing-masing satu bangunan yang rusak akibat guncangan gempa. Di antara bangunan yang rusak yakni rumah milik Painem di Desa Wonosobo, Kecamatan Srono; dapur rumah milik Tukidi di Dusun Kalirejo, Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring.

Kemudian, atap masjid di Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, rusak. Bangunan kantor Kecamatan Glenmore juga retak pasca gempa yang turut dirasakan masyarakat Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Eka Muharram membenarkan adanya sejumlah bangunan yang rusak akibat gempa yang dirasakan hingga Banyuwangi.


Baca Juga : BMKG Mutakhirkan Gempa Bali Menjadi Bermagnitudo 5,8

"Ya memang ada kerusakan. Gempa itu dirasakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Sementara ini ada beberapa laporan kerusakan yang masuk ke kami," tutur Eka Muharram.

Pusat gempa terjadi di selatan Bali dengan kekuatan magnitudo 5,8. Gempa terjadi pada Selasa pagi 16 Juli 2019 pukul 07.18 WIB.

Baca Juga : 9 Gempa Susulan Guncang Bali Pasca-Lindu Magnitudo 5,8

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini