nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Ebola, Arab Saudi Tangguhkan Visa Haji Jamaah Kongo

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 27 18 2084374 cegah-ebola-arab-saudi-tangguhkan-visa-haji-jamaah-kongo-tZ9yJF9PwJ.jpg Seluruh muslim dari seluruh dunia akan melaksanakan ibadah haji 2019 pada Agustus. Foto/Ap News

GOMA - Arab Saudi telah melarang warga negara Republik Demokratik Kongo untuk masuk ke wilayahnya karena khawatir Ebola bisa menyebar selama musim haji 2019.

Keputusan itu dikeluarkan pada oleh Kementerian Luar Negeri Saudi, mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan wabah Ebola sebagai darurat internasional.

Komite WHO telah mendesak sejumlah negara untuk tidak membatasi perdagangan atau perjalanan.

"Pemberian visa kedatangan untuk orang-orang yang masuk dari DRC (Kongo) telah dihentikan, untuk kesejahteraan peziarah," kata catatan kementerian itu.

Baca juga: WHO Tetapkan Wabah Ebola Kongo Sebagai Darurat Kesehatan Internasional

Baca juga: Wabah Ebola di RD Kongo Telah Tewaskan 1.000 Orang

Wabah ini telah menewaskan lebih dari 1.700 orang sejak diumumkan hampir setahun yang lalu.

Sekitar 3% dari populasi Kongo adalah Muslim, menurut jajak pendapat oleh Kelompok Penelitian Kongo yang berbasis di New York. Orang-orang dari Afrika sub-Sahara menghasilkan sekitar 10% dari lebih dari 2 juta peziarah tahunan ke kota suci Makkah.

Arab Saudi menangguhkan visa ziarah bagi para pelancong dari Guinea, Sierra Leone, dan Liberia selama wabah Ebola 2014-16, yang menewaskan lebih dari 11.000 orang.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini