nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita TMMD di Jambi: Warga Hibahkan Lahan Gratis untuk Dibuatkan Jalan ke TNI

Azhari Sultan, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 17:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 05 340 2088008 cerita-tmmd-di-jambi-warga-hibahkan-lahan-gratis-untuk-dibuatkan-jalan-ke-tni-SA2pdIFb6P.jpg TMMD di Jambi (Foto: Azhari/Okezone)

JAMBI - Pembukaan jalan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 105 Kodim 0415/Batanghari di Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi bisa dinilai sukses dan berlangsung tidak ada kendala yang berarti.

Namun, siapa yang sangka dibalik pembukaan jalan sepanjang 3 kilometer dengan lebar 12 meter itu ada sejarah yang mengharukan. Betapa tidak, untuk membuka jalan penghubung antara RT 13 ke RT 17 itu, warga tidak menjual lahan yang dilintasinya.

Warga Ladang Peris justru sepakat untuk menghibahkan lahannya kepada pihak pemerintah setempat untuk dikerjakan melalui program TMMD.

TMMD TNI Jambi

Perihal ini diakui salah seorang warga Ladang Peris, Suroto. Menurutnya, semua itu atas permintaan masyarakat. "Tanah peruntukan jalan yang dikerjakan Satgas TMMD ini adalah hasil hibah masyarakat Ladang Peris semua," jelasnya.

"Alasan masyarakat simpel kok, mereka ingin mengeluarkan hasil bumi yang mereka tanam, seperti karet dan sawit sehingga dapat mempermudah akses produksi," tukas Suroto.

Dengan adanya jalan baru ini, sambungnya, bisa memperpendek waktu tempuh yang semula sekitar 7 kilometer, saat ini menjadi 3 kilometer. "Yang memilki kendaraan, menjadi makin irit BBM," ungkap Suroto.

Ini juga diamini Camat Bajubang, Ichwan yang melihat warganya begitu rela sebagian tanahnya dihibahkan untuk pelebaran jalan.

TMMD TNI Jambi

"Masyarakat rela dan sepakat menghibahkan tanahnya, karena mereka menilai dampak yang akan dirasakan sangat besar. Salah satunya dampak ekonomi bagi masyarakat setempat," tandasnya.

Sementera, salah seorang mahasiswi di STAI, Muara Bulian, Kabupaten Batanghari yang berdomisili di RT 13, Desa Ladang Peris, Artifin Diani mengucapkan banyak terima kasih atas pembukaan jalan yang dilakukan Satgas TMMD ke 105 Kodim 0415/Batanghari.

"Kondisi jalan sebelum dibuka jika musim hujan sangat susah dilalui bang, terkadang saya harus memakai sandal jepit dari rumah karena kondisi jalan penuh lumpur dan tidak memungkinkan memakai sepatu," tuturnya.

Namun begitu, dia bersyukur saat ini pembangunan yang dilakukan TMMD ini sudah hampir selesai. "TNI bersama dengan masyarakat sangat antusias bergotong-royong membangun jalan, jembatan. Terimakasih TNI ku, TMMD emang top," tandas Diani.

Mengetahui adanya hibah tanah warga untuk pembukaan jalan, tak ayal membuat Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Widi Rahman terharu.

TMMD TNI Jambi

"Saya jadi terharu, bagaimana bisa masyarakat dengan sukarela, tanpa ada suatu paksaan, untuk menghibahkan lahannya kepada pemerintah daerah,” ujar Dansatgas TMMD ini.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan TMMD ini, masyarakat akan terbantu dalam segala aspek, baik infrastuktur, ekonomi dan waktu. Nantinya, secara ekonomis harganya akan semakin meningkat.

“Karena salah satu tujuan kita mengadakan TMMD, yakni untuk mempercepat pembangunan di daerah pedesaan, kawasan tertinggal dan daerah-daerah yang terisolir,” tukas Widi, Senin (5/7/2019).

Dia menambahkan, seperti yang dikatakan Penanggungjawab Operasional TMMD KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, yang mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk menyatukan visi, misi dan persepsi agar kegiatan kolektif yang telah diprogramkan tersebut dapat mencapai sasaran yang diharapkan.

Sebagai program terpadu lintas sektoral, katanya, maka kekuatan utama TMMD terletak pada sinergitas antar lembaga dan koordinasi yang erat antar unsur pelaksana disemua tataran.

“Bila sinergitas dan komitmen yang kuat tersebut terjalin dengan baik, Insya Allah tujuan kita untuk mempercepat pembangunan di daerah pedesaan, kawasan tertinggal dan daerah-daerah yang terisolir di Nusantara akan tercapai,” tandas Widi berharap.

Terpisah, Tim Dinas Pisikologi TNI AD yang dipimpin Kolonel Caj Riza Pahlevi yang meninjau langsung perkembangan program TMMD yang sudah berjalan.

“Ini sudah luar biasalah, patut ditiru daerah-daerah lain, bahwa kehadiran TNI bermanfaat bagi rakyat,” katanya.

TMMD TNI Jambi

Dia juga berharap agar lebih dikembangkan lagi supaya lebih banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya kehadiran TNI ini.

Tidak itu saja, Riza juga menyampaikan rasa hormat kepada Pemda Batanghari telah bersedia mendukung demi terwujudnya kesejahtraan rakyat.

“Perkembangan yang sudah kita lihat, pembukaan akses jalan merupakan pionir bahwa setelah dibuka akan dilanjutkan dengan pengembangan lebih berkualitaslah,” harap Riza.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Batanghari Zulkifli, yang dihubungi mengatakan, kerjasama antara pemda dan juga TNI ini tidak hanya berhenti disini tapi berkelanjutan.

“Setelah jalan baru dibuka oleh TNI melalui pogram TMMD, selanjutnya dilanjuti dengan memasuki dengan SK kabupaten. Maka kedepan, kita bisa anggarkan,” tegasnya.

Dia juga berharap pogram ini tetap berjalan, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Bagi pemerintah daerah, ini sangat membantu. Dan kita sangat berterimakasih kepada TNI,” imbuh Zulkifli.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini