nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Lukai Korban, Pelaku Begal Ambruk Ditembak Polisi

Arsan Mailanto, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 01:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 06 340 2088666 kerap-lukai-korban-pelaku-begal-ambruk-ditembak-polisi-KMMO9dFpnC.jpg Begal sadis yang ambruk ditembak polisi (foto: Arsan/Okezone)

PANGKALPINANG - Tim Sub Dit III Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung (Babel) berhasil membekuk Rusdian (37), seorang begal yang terkenal sadis, ia tak segan-segan melukai korban.

Rusdian alias Bujang Pitul warga Semabung Pangkalpinang, Babel kerap beraksi di beberapa wilayah hukum Provinsi Babel.

Pelaku merupakan residivis dan menjadi TO sejak 2018. Petugas kepolisian terpaksa melakukan tindakan tegas, karena pelaku mencoba melawan petugas saat dilakukan penyergapan.

Didampingi Kabid Humas Polda Babel AKBP Maladi, Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Babel, AKBP Wahyudi mengatakan, pelaku begal ini sebenarnya residivis kasus pencurian dengan kekerasan dan kendaraan bermotor sebanyak empat kali.

"Pelaku ini TO kami sejak 2018, tetapi yang bersangkutan kabur. Kemudian kami dapat laporan pelaku kembali beraksi kembali pada 28 Juli 2019 di Merawang, Bangka. Modusnya sama menusuk korban, lalu merampas barang berharga korban," ujarnya saat konferensi pers kepada awak media di Mapolda Babel, Pangkalpinang, Selasa (6/8/2019).

 Pelaku Begal

Kronologi penangkapan, lanjutnya, ditangkap sekira pukul 02.00 WIB dini hari saat sedang tidur di rumah temannya di Selindung, Pangkalpinang.

Sebelum ditangkap pelaku bersama rekannya yakni Acu yang saat ini masih DPO alias buron. Mereka melakukan aksi sadisnya terhadap korban di Jalan Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka pada akhir Juli 2019.

"Aksi begal tersebut pelaku mengambil uang tunai Rp1,3 juta, 2 unit handphone merek Samsung warna putih, dan kartu ATM milik korban," jelas Wahyudi.

Selain di Merawang, tersangka ini juga melakukan aksi yang sama di 5 TKP lainnya, antara lain Desa Kelapa tindak pencurian kendaraan bermotor pada 2015, Desa Petaling tindak pencurian dengan kekerasan 3 kali pada 2015 dan 2018.

Desa Kayu Besi tindak pencurian dengan kekerasan pada 2018, Desa Rukam tindak pencurian dengan kekerasan pada 2019, dan di gudang daerah Selindung dengan pemberatan 2 kali pada 2019.

"Dari tangan tersangka petugas berhasil menemukan barang bukti berupa 1 buah senjata tajam, handphone, 1 unit sepeda motor Yamaha Xride berwarna merah hitam," terangnya.

 Begal Motor

Sementara itu, Kabid Humas Polda Babel AKBP Maladi menambahkan pelaku begal sadis ini sangat meresahkan warga, maka itu saat penyergapan tim Jatanras Polda Babel melakukan tindakan tegas terukur.

"Saat ini kita juga masih melakukan perburuan terhadap rekan pelaku begal, yang berupaya terus melakukan pengembangan terhadap kasus ini," paparnya.

Menurut Maladi, masyarakat juga diimbau tidak memancing tindak pelaku melakukan kejahatan dengan tidak mengenakan perhiasan dan barang bawaan berharga yang mencolok.

Saat ini pelaku ditahan di Mapolda Babel guna dilakukan pengembangan lebih lanjut, atas perbuatannya pelaku disangkakan melanggar Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara, sedangkan barang bukti disita.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini