nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gigihnya Enzo Allie demi Bela NKRI, dari Latihan Fisik hingga Rajin Ibadah

Rasyid Ridho , Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 15:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 340 2088923 gigihnya-enzo-allie-demi-bela-nkri-dari-latihan-fisik-hingga-rajin-ibadah-PYKyVqlVvH.jpg Enzo Zenz Allie pakai kemeja putih (Foto: Rasyid Ridho)

SERANG - Ulet, tekun, dan rajin kata yang pantas untuk menggambarkan sosok Enzo Zenz Allie (18) dalam menggapai cita-citanya menjadi prajurit TNI. Enzo merupakan seorang remaja yang memiliki darah blasteran atau keturunan Indonesia-Prancis yang lulus mengikuti seleksi Akademi Militer (Akmil) TNI.

"Perjuangannya, tekunnya, uletnya, rajinnya Enzo memang lebih dari siswa dari pada umumnya. Dia sadar ingin menjadi prajurit (TNI)," kata Guru Kimia sewaktu di SMA Pesantren Unggul Albayan, Serang, Deden Ramdani, Rabu (7/8/2019).

Persiapan Enzo agar diterima menjadi anggota TNI sudah dilakukan sejak dirinya masih duduk di kelas 10 dengan sering latihan fisik seperti lari, berlatih push-up, sit-up, bahkan renang dan memanah.

Baca Juga: Cerita Enzo Allie Bercita-cita Jadi Prajurit TNI yang Saleh 

Hingga duduk di kelas 12, pihak sekolah mendukung cita-citanya dengan mengizinkan Enzo berlatih fisik di pinggir Pantai Anyer seminggu tiga kali dengan didampingi guru olahraga.

"Sebagai bentuk supporting diizinkan khusus kepada Enzo. Orangtua koordinasi dengan kita kemudian diberikan izin latihan fisik di pantai," ujarnya.

Enzo

Prestasi pun sempat diraih anak pasangan dari almarhum Jean Paul Francois Allie, warga negara Prancis dan Siti Hajah Tilaria asal Sumatera Utara (Sumut) yang lahir di Bandung, Jawa Barat itu.

Enzo tercatat pernah juara ll renang jarak 50 meter di Popda serta juara satu lari jarak 400 meter dan 800 meter di Kejurkab itu.

Alhasil, pada saat tes fisik atau kesamaptaan Enzo juga cukup baik. Dia bisa lari 3.000 meter selama 12 menit. Lalu pull-up 19 kali, sit-up 50 kali, push-up 50 kali dalam waktu 60 detik. Dia juga mampu berenang sejauh 50 meter dalam waktu satu menit.

Kegigihan Enzo yang tinggi ingin membela dan menjaga NKRI membuahkan hasil setelah lolos seleksi Akmil TNI 2019.

"Pesannya selalu bersyukurlah kepada Allah SWT, rangkul peluk orangtua kita. Istiqomah, pegang serta nilai al bayan. Akhlakul Karimah, dan jangan tinggalkan salat berjamaah," ujarnya.

Baca Juga: Viral Enzo Blasteran Indonesia-Prancis Lolos Akmil Ditanggapi Komisi I

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini