Pasca Hitung Ulang, Besok KPU Surabaya Tetapkan Caleg Terpilih

Syaiful Islam, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 18:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 12 606 2091003 pasca-hitung-ulang-besok-kpu-surabaya-tetapkan-caleg-terpilih-k6ahKBpBge.jpg Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi Usai Proses Penghitungan Suara Ulang (PPSU) di 3 TPS yang Digelar KPU Surabaya, Jatim (foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Pasca melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) berupa penghitungan surat suara ulang (PSSU) pada 3 TPS di dapil IV untuk Caleg Partai Golkar, KPU Surabaya akan menetapkan nama-nama caleg terpilih DPRD Kota Surabaya, pada Selasa 13 Agustus 2019.

KPU Surabaya juga akan menetapkan perolehan suara kursi partai politik (parpol) peserta pemilu 2019. Kemudian hasil tersebut akan dikirim ke KPU Provinsi dan KPU pusat. Dalam penetapan caleg terpilih besok, KPU Surabaya akan mengundang ketua parpol dan para saksi serta Bawaslu setempat.

Baca Juga: Setelah Hitung Ulang di 3 TPS Surabaya, Suara Terbanyak Caleg Golkar Berubah 

"Besok kita tetapkan perolehan kursi parpol dan menetapkan nama-nama caleg terpilih untuk setiap parpol pada setiap dapil," terang Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi, pada wartawan saat ditemui usai PSSU di kantornya, Senin (12/8/2019).

Proses Pemungutan Suara Ulang di 3 TPS Surabaya, Jawa Timur (foto: Syaiful Islam/Okezone)	 

Menurut Nur Syamsi, PSSU sendiri dimulai sejak pukul 09 00 WIB hingga 16 00 WIB hari ini. Hal itu menindaklanjuti putusan MK terhadap permohonan Caleg Golkar dapil IV nomor 4 yakni Agoeng Prasodjo.

Di mana MK mengharuskan PSSU pada 3 TPS meliputi TPS 30 dan TPS 31 Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan. Serta TPS 50 Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal untuk jenis pileg DPRD Kota Surabaya.

"Kita menghitung surat suara ulang hari ini di 3 TPS. Kita rekapitulasi berjenjang mulai Kelurahan, Kecamatan dan terakhir Kota. Kita tetapkan perolehan suara golkar dan caleg masing-masing. Suara terbanyak di dapil IV caleg golkar adalah caleg nomor 4 yakni Agoeng," tuturnya.

Dia menambahkan, terdapat perbaikan hasil perolehan suara di masing-masing caleg. Dalam PSSU tersebut tidak ada protes dari saksi, melainkan berlangsung lancar. Sebab pihaknya menggelar PSSU secara terbuka.

Baca Juga: Akibat Kampanye di Musala, Caleg PKB Gagal Duduk di Kursi DPRD Serang 

Seperti diketahui, sebelumnya berdasarkan hasil rekap yang dilakukan KPU Surabaya menyebutkan perolehan suara terbanyak caleg Golkar di dapil IV DPRD Kota Surabaya adalah nomor urut 1 yakni Aan Ainur Rofiq dengan meraih 4.723 suara. Tapi setelah dilakukan PSSU perolehan suaranya berubah menjadi 4.676 suara usai dikurangi 47 suara.

Kemudian suara terbanyak caleg Golkar di dapil IV diraih Agoeng, yang sebelumnya memperoleh 4.692 suara, setelah PSSU Agoeng mendapat tambahan 22 suara. Bila ditotal Agoeng memperoleh 4.714 suara. Selisihnya 38 suara lebih tinggi Agoeng dibandingkan dengan Aan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini