nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Brasil Terima Bantuan 4 Pesawat Cile untuk Padamkan Kebakaran Amazon

Kamis 29 Agustus 2019 08:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 29 18 2097981 presiden-brasil-terima-bantuan-4-pesawat-cile-untuk-padamkan-kebakaran-amazon-DytfFBQgYx.jpg Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: Adriano Machado/Reuters)

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro pada Rabu 28 Agustus 2019 mengatakan menerima bantuan empat pesawat terbang Cile dalam usaha memadamkan kebakaran hutan tropis Amazon. Namun, dia juga memperbarui kritiknya terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Mengutip dari VOA Indonesia, Kamis (29/8/2019), Bolsonaro sekali lagi menuduh pemimpin Prancis itu menyebut dirinya seorang pembohong. Perang kata-kata ini bermula dari pertikaian seputar bagaimana mengendalikan kebakaran di Amazon.

Bolsonaro mencemoohkan Macron yang dikatakannya merasa bahwa dia satu-satunya orang yang berminat menyelamatkan lingkungan.

Kebakaran hutan Amazon. (Foto: Reuters)

Komentar Bolsonaro ini datang sehari setelah mengatakan Brasil akan menerima bantuan senilai USD20 juta dari negara-negara G-7 untuk memerangi kebakaran, namun jika Macron menarik kembali ucapan-ucapannya yang dianggap menghina.

Selesai pertemuan dengan Presiden Cile Sebastian Pinera di Brazilia pada Rabu 28 Agustus, Bolsonaro mengatakan negara-negara Amazon, kecuali Venezuela, akan bertemu di Kolombia pada 6 September untuk menyusun strategi bagi pelestarian lingkungan.

Sebuah pernyataan pada Rabu dari kedua pemimpin Amerika Selatan itu mengakui bahwa tantangan lingkungan harus bisa dipenuhi, tetapi hanya kalau disertai penghormatan pada kedaulatan nasional masing-masing negara.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini