nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kandidat Presiden AS, Bernie Sanders Alami Serangan Jantung di Tengah Kampanye

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 13:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 05 18 2113249 kandidat-presiden-as-bernie-sanders-alami-serangan-jantung-di-tengah-kampanye-iTYL6gn4R2.jpg Bernie Sanders. (Foto: Reuters)

LAS VEGAS – Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat dikonfirmasi menjalani operasi darurat setelah mengalami serangan jantung di tengah kampanyenya. Senator berusia 78 tahun itu dibawa ke rumah sakit pada Selasa setelah mengeluhkan sakit dada di sebuah acara kampanye di Nevada.

Dokter mengoperasi Sanders untuk menghilangkan penyumbatan di salah satu pembuluh darahnya. Sanders mengatakan dia merasa "hebat" setelah meninggalkan rumah sakit pada Jumat.

"Dua stent ditempatkan di arteri koroner yang tersumbat pada waktu yang tepat," kata dokter yang mengoperasi Sanders sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (5/10/2019).

BACA JUGA: Profil Bernie Sanders, Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat

Stent adalah tabung jala kecil yang digunakan untuk membantu menjaga arteri terbuka. Menerima stent adalah "prosedur invasif minimal", biasanya dengan waktu pemulihan singkat.

Para dokter, Arturo Marchand dan Arjun Gururaj, mengatakan pembuluh darah Sanders yang lain "normal". Mereka mengatakan bahwa pada Jumat, Sanders sudah cukup sehat untuk dipulangkan dari Desert Springs Hospital Medical Center di Las Vegas.

Kedua dokter mengatakan bahwa, meski Sanders telah membuat "kemajuan yang baik", ia telah disarankan "untuk menindaklanjuti kondisi itu dengan dokter pribadinya".

"Setelah mengambil cuti pendek, saya berharap untuk kembali bekerja," kata Sanders dalam sebuah pernyataan bernada optimis. Pada Jumat, dia mengatakan bahwa dia "merasa jauh lebih baik" dalam sebuah video yang direkam di luar rumah sakit.

Sanders adalah kandidat calon presiden tertua yang ikut ambil bagian dalam persaingan ke Gedung Putih 2020, dan jika memenangkan pemilihan dia akan menjadi orang tertua yang menjadi Presiden AS.

Saat pemilihan presiden AS 2020 berlangsung pada 3 November 2020, Sanders akan berusia 79 tahun.

BACA JUGA: Senator Bernie Sanders Sewa Tim Sukses Obama

Sebelumnya, Sanders mencalonkan diri untuk nominasi Demokrat pada 2016, ia adalah saingan terdekat Hillary Clinton.

Platform 2020-nya sebagian besar berfokus pada rencana cakupan kesehatan universal, Medicare for All. Kebijakan ini juga telah menjadi titik kunci pertentangan antara Demokrat selama debat terakhir, dengan moderat seperti Joe Biden mengkritiknya sebagai tidak mungkin dan terlalu mahal.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini