nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil Bernie Sanders, Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat

Ahmad Taufik , Jurnalis · Rabu 15 Juni 2016 06:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 15 18 1415370 profil-bernie-sanders-kandidat-presiden-as-dari-partai-demokrat-QqoPdSVdVL.jpg Bernie Sanders, kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat (Foto: Reuters)

NEW YORK - Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat (AS) memang selalu menampilkan kandidat mumpuni, penuh pengalaman serta kontroversial. Di antara kandidat Presiden AS, Bernie Sanders adalah kandidat Presiden As yang tidak bisa dianggap remeh.

Pada kali ini, Okezone akan mengupas siapa sebenarnya Bernie Sanders dan bagaimana peluangnya untuk memenangkan pemilu Presiden AS tahun ini.

Bernie Sanders lahir di Brooklyn, New York pada 8 September 1941. Meskipun lahir di Amerika, ayahnya berasal dari Polandia.

Dari jenjang akademik, Sanders pernah mengeyam pendidikan di James Madison High School dan kemudian melanjutkan ke Brooklyn College. Setelah satu tahun di sana, ia kemudian pindah ke Universitas Chicago.   

Sanders selama ini tercatat pernah aktif dalam berbagai organisasi di antaranya adalah Congress of Racial Equality (CORE). Pada tahun 1963, ia menjadi inisiator pembentuk organisasi Student Nonviolent Coordinating Committee. Selain itu, ia juga bergabung dengan Young People’s Socialist League (YPSL).

Kiprah politik Sanders dimulai dari keikutsertaannya dengan Liberty Union Party. Melalui partai tersebut, ia dua kali mencalonkan diri sebagai Gubernur dan sebagai calon senator. Pencalonan Sanders melalui partai tersebut harus berakhir dengan kegagalan total.

Meski demikian, kekalahan tersebut tidak lantas membuat Sanders patah arang. Pada tahun 1981, Sanders kembali maju sebagai calon Wali Kota negara bagian Vermont, Burlington melalui jalur independent. Tak disangka, Sanders akhirnya berhasil memenangkan kursi wali kota dengan selisih hanya 10 suara.

Kendati memiliki segudang pengalaman, tapi peluang Sanders untuk meraih kursi Presiden AS tidaklah mudah. Terlebih lagi, berdasarkan prediksi dari peneliti Rusia, Hillary Clinton memiliki peluang besar untuk memenangkan pemilu AS pada tahun ini.

Institut Ekonomi Dunia di Akademi Sains Rusia (IMEMO) memprediksi bahwa penggenti Presiden Barack Obama adalah Hillary Clinton. Kendati demikian, peluang Sanders untuk tetap menang masih terus terbuka. sebagaimana dilansir dari Sputnik.  

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini