nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituduh Hina Agama, "Angelina Jolie Instagram" Iran Ditahan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 15:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 07 18 2113874 dituduh-hina-agama-angelina-jolie-instagram-iran-ditahan-3lusnhGUNF.jpg Tabar Sahar. (Foto: Instagram)

SEORANG bintang Instagram Iran yang terkenal karena posting yang menampilkannya dirinya tampak seperti telah mengambil langkah ekstrem untuk terlihat seperti aktris Amerika Serikat (AS), Angelina Jolie telah ditangkap. Sahar Tabar dilaporkan telah ditangkap atas sejumlah kejahatan termasuk penistaan dan menghasut dengan kekerasan.

Tabar menjadi berita utama internasional tahun lalu ketika foto-fotonya menjadi viral. Perempuan 22 tahun itu telah menarik perhatian media global karena foto dan video di mana tampak seperti versi zombie dari Angelina Jolie.

Meskipun dia dikabarkan telah melakukan 50 operasi plastik agar mirip dengan Jolie, Tabar mengatakan bahwa sebagian besar foto-foto yang dia posting telah banyak diedit.

Dengan pipi yang cekung, senyum yang sangat besar dan hidung yang tampak naik secara tidak wajar, Tabar telah menimbulkan keprihatinan atas puluhan operasi kosmetik yang dia lakukan untuk menyerupai Jolie.

Foto: Instagram.

Tetapi setelah membuat pengikutnya ketakutan dan tertarik, Tabar menyiratkan bahwa penampilannya yang seperti hantu itu merupakan hasil riasan dan pengeditan digital. Dia telah mengubah dirinya menjadi semacam instalasi seni.

Laporan kantor berita Tasnim yang dilansir BBC menyebutkan bahwa otoritas kehakiman menangkap Tabar setelah anggota masyarakat membuat pengaduan tentang selebgram itu.

Dia dituduh melakukan penistaan agama, menghasut kekerasan, secara ilegal mendapatkan properti, menghina aturan berpakaian negara dan mendorong kaum muda untuk melakukan korupsi. Akun Instagram Tabar telah dihapus.

Dia bergabung dengan daftar panjang influencer dan blogger mode Iran yang telah ditangkap karena dituduh melanggar hukum.

Laporan penahanannya telah memicu kecaman warganet terhadap pihak berwenang, dengan satu tweet dengan sarkastik menyarankan Tabar seharusnya terlibat dalam hal yang tidak terlalu provokatif seperti membakar, penggelapan uang dan pembunuhan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini