nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Menyontek, Mahasiswa di India Kerjakan Ujian Mengenakan Kardus di Kepala

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 20 18 2119364 cegah-menyontek-mahasiswa-di-india-kerjakan-ujian-mengenakan-kardus-di-kepala-65KESBHZeJ.jpg Foto: ANI.

BENGALURU - Khawatir terjadi penyontekan, sebuah universitas di barat daya India memerintahkan siswanya untuk mengenakan kardus di kepala saat mereka mengerjakan ujian. Langkah itu menjadi viral setelah foto-foto ujian beredar di media sosial dan mendapat kecaman dari menteri pendidikan negara bagian.

Berdasarkan laporan media setempat, sekira 50 mahasiswa sains tahun pertama di Bhagat PU College di Karnataka diminta mengikuti ujian dengan kardus menutupi kepala mereka. Kotak kardus berlubang itu hanya memiliki lubang di bagian depan, membatasi pandangan para siswa.

Foto-foto dari tindakan anti-menyontek yang aneh itu menunjukkan para siswa membungkuk selama ujian, kepala ditutup oleh kardus yang dimodifikasi. Bisa ditebak, foto tersebar di media sosial, menarik perhatian pejabat pemerintah yang terkejut.

Setelah mengetahui tentang kejadian itu, Menteri Pendidikan Negara Bagian Karnataka, S. Suresh Kumar mengatakan bahwa para siswa telah diperlakukan "seperti binatang" dan bahwa "penyimpangan" kampus akan ditangani dengan cepat. Diwartakan RT, pemerintah negara bagian telah memerintahkan perguruan tinggi untuk segera menghentikan praktik itu.

Direktur perguruan tinggi mengatakan kepada Times of India bahwa siswa memberikan persetujuan penuh mereka untuk berpartisipasi dalam percobaan, yang katanya bertujuan semata-mata untuk "mengekang malpraktek". Namun, dia mengatakan bahwa lembaganya akan mematuhi arahan yang diterima dari kementerian pendidikan .

Ini bukan pertama kalinya bahwa siswa India telah mengalami eksperimen sosial yang tidak biasa dalam upaya untuk meningkatkan peningkatan ilmiah. Awal pekan ini, Negara Bagian Uttar Pradesh melembagakan pelarangan penggunaan ponsel di semua perguruan tinggi dan universitas - konon karena murid sedang terganggu oleh perangkat seluler mereka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini