nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gigi Tumbuh Selama 20 Tahun di Lubang Hidung Pria China

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 08:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 12 18 2128974 gigi-tumbuh-selama-20-tahun-di-lubang-hidung-pria-china-TbAkJsC9Dc.jpg Hasil X-ray terlihat benda seperti gigi di lubang hidung Zhang. (Foto: Pear Video/Daily Mail)

HARBIN - Seorang pria berusia 30 tahun memiliki gigi yang tumbuh di lubang hidungnya selama 20 tahun sebelum akhirnya dicabut.

Zhang Binsheng, dari kota Harbin di China, pergi ke rumah sakit setelah menderita kasus hidung tersumbat selama tiga bulan, lapor media China via Daily Mail, Selasa (12/11/2019).

Dia terkejut menemukan bahwa penyumbatan itu disebabkan oleh giginya yang telah lama hilang saat dia mengalami kecelakaan ketika dia berusia 10 tahun.

Baca juga: Ibu di China Kena Serangan Jantung Karena Putranya Tak Bisa Selesaikan PR-nya

Baca juga: Kisah Gadis Kecil Rela Sumbang Tulang Sumsum untuk Adik yang Berusia 4 Tahun

Kondisi gigi yang tumbuh di lubang hidung seseorang jarang terjadi dan diperkirakan hanya terjadi 0,1 persen dan satu persen populasi. Kondisi ini bisa tanpa disadari.

Foto/Daily Mail

Para ahli mengatakan mereka hanya bisa menemukan 23 kejadian yang dicatat dalam jurnal medis antara tahun 1959 dan 2008.

Kasus medis langka dilaporkan oleh petugas medis di Rumah Sakit Afiliasi Keempat Universitas Kedokteran Harbin, menurut TV Heilongjiang.

Menurut laporan itu, Zhang memiliki dua gigi yang lepas darinya pada tahun 1999 saat dia terjatuh dari lantai tiga sebuah mal.

Pria itu mengatakan dia hanya berhasil menemukan satu gigi yang patah setelah kecelakaan itu.

Foto/Daily Mail

Zhang terluka parah dalam kecelakaan itu dan harus menerima lebih dari 60 jahitan di wajahnya, tetapi dia tidak melaporkan keanehan di hidungnya.

Dia dan orang tuanya tidak terlalu memikirkan gigi yang hilang.

Sekitar tiga bulan yang lalu, Zhang terserang flu dan hidungnya tersumbat.

Kondisinya sangat serius sehingga dia sulit bernapas dan tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Dia juga mengeluh tentang bau busuk di hidungnya.

Dia pergi ke Rumah Sakit Afiliasi Keempat Universitas Kedokteran Harbin untuk mencari nasihat medis.

Selama pemeriksaan X-ray, dokter melihat bayangan 'dengan kepadatan tinggi' di bagian belakang rongga hidungnya.

"Itu sangat mirip gigi," kata Dr Bai Zhibang, seorang wakil direktur di departemen Telinga, Hidung dan Tenggorokan rumah sakit, kepada Pear Video.

Zhou Bin, seorang direktur di departemen itu, curiga bahwa gigi itu telah lepas saat kecelakaan dan masuk ke lubang hidung Wang, kemudian entah bagaimana gigi tumbuh dan berakar di hidung pasien.

Dokter penanggung jawab Wang, Guo Longmei, mengatakan karena gigi itu milik pria itu, hidungnya tidak menolak 'benda asing', yang menyebabkannya tidak diketahui selama 20 tahun.

Petugas medis mencabut gigi, yang panjangnya hampir satu sentimeter dari hidung Wang dalam operasi bedah selama 30 menit.

Pasien itu pulih dengan baik dan diharapkan akan keluar dari rumah sakit segera, kata laporan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini