nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hujan Disertai Angin Kencang Terjang Bojonegoro, 1 Warga Tertimpa Bangunan Rumah

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 08:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 12 519 2128662 hujan-disertai-angin-kencang-terjang-bojonegoro-1-warga-tertimpa-bangunan-rumah-GKWtbtCF5F.jpg Hujan Disertai Angin Kencang Melanda Bojonegoro, Jawa Timur (foto: Okezone/Avirista)

BOJONEGORO - Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang wilayah Kabupaten Bojonegoro membuat puluhan bangunan rumah dan kantor di Kabupaten Bojonegoro rusak diterjang angin.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Kabupaten Bojonegoro setidaknya 23 bangunan terdiri dari rumah warga, kantor kecamatan, musala, hingga Polsek di 15 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro rusak.

Baca Juga: Hujan Angin, Pohon Bertumbangan di Jalan Pantura Demak

Hujan Disertai Angin Kencang Terjang Bojonegoro (foto: Okezone/Avirista)	 

Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro Umar Ghoni mengatakan bangunan yang rusak disebabkan angin kencang dan hujan deras pada Senin sore hingga petang kemarin.

"Ada 14 kecamatan yang terdampak dengan jumlah sekitar 20-an bangunan di 20 desa rusak," ujar Umar saat dikonfirmasi Okezone, Selasa pagi (12/11/2019).

Umar menambahkan dari setidaknya 15 kecamatan, wilayah Kecamatan Sukosewu dan Sugihwaras menjadi wilayah yang terparah terkena dampak terjangan angin kencang.

"Di Sukosewu ada 16 bangunan termasuk kantor kecamatan dan Polsek Sukosewu yang terkena dampak angin kencang. Ada yang rusak berat rata dengan tanah ada yang rusak ringan," bebernya.

Di kantor Kecamatan Sukosewu dan polsek misalnya, akibat terjangan angin kencang tersebut membuat aktivitas pelayanan birokrasi masyarakat terganggu sejak Senin siang hingga Selasa pagi ini. Hal ini dikarenakan sejumlah sarana prasarana bangunan yang rusak.

Seorang warga bernama Amir (55) juga mengalami luka - luka akibat pohon yang roboh menimpa rumahnya di Desa Ngantru RT 2 RW 1 Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro.

Diperkirakan kerugian akibat angin kencang mencapai ratusan juta rupiah. Mengingat selain puluhan rumah yang rusak, sejumlah infrastruktur tiang listrik, dan pepohonan roboh.

Baca Juga: Sukoharjo Diterjang Hujan Badai, Puluhan Rumah Rusak 

Hujan Disertai Angin Kencang Terjang Bojonegoro (foto: Okezone/Avirista)

Angin kencang kali ini merupakan yang kedua kalinya terparah, sebelumnya pada Sabtu sore hingga petang, angin kencang memporak - porandakan wilayah Kota Bojonegoro, Kecamatan Kapas, Kecamatan Balen, dan Sumberrejo. Bahkan di wilayah Kota Bojonegoro, angin deras disertai hujan es yang mengakibatkan sejumlah kaca bangunan rusak.

Akibat kejadian tersebut tempat wisata Go Fun, Supermarket KDS, kampus Universitas Sunan Giri (Unigiri) hingga Mall Pelayanan Publik milik Pemkab Bojonegoro tak luput dari kerusakan akibat hujan es tersebut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini