nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sungai di Cirebon Berubah Warna Jadi Merah Muda dan Beraroma Menyengat

Fathnur Rohman, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 20:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 28 525 2135695 sungai-di-cirebon-berubah-warna-jadi-merah-muda-dan-beraroma-menyengat-6vh1Gqbual.jpg Sungai di Cirebon berubah warna merah jambu (Foto: Okezone/Fathnur)

CIREBON - Sungai Ciberes yang berada di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengalami perubahan warna air menjadi merah muda. Bahkan, air ini mengeluarkan aroma tidak sedap sehingga menggangu aktivitas warga di Desa Gebang Kulon.

Menurut penuturan Kepala Desa Gebang Kulon Andi Subandi, persitiwa ini sudah terjadi sekitar satu minggu. Awalnya, area yang berubah warna menjadi merah muda tidak begitu luas. Namun, seiring berjalannya waktu perubahan warna air itu akhirnya meluas hingga 1,5 kilometer.

"Iya pak sekitar 1,5 KM. Letaknya sepanjang Desa Gebang Kulon sampai perbatasan Desa Gebangilir," ujar Andi kepada Okezone, Kamis (28/11/2019).

Sungai Pink Cirebon

Andi menjelaskan, ada beberapa hal yang menyebabkan air sungai Ciberes berubah warna menjadi merah muda. Salah satu faktor utamanya adalah karena tercemar. Ia mengungkapkan, bisa saja pencemaran itu terjadi akibat sampah yang mengandung bahan kimia serta air asin yang mengendap. Bisa juga disebabkan oleh adanya industri ikan kecil yang limbahnya mengandung bahan pengawet.

"Pencemaranya kemungkinan ada 2 faktor. Pertama karena pencemaran sampah yang mengandung kimia dan air asin yang mengendap. Kedua, mungkin karena industri ikan kecil bisa jadi dengan bahan pengawetnya," sambungnya.

Disampaikan Andi, selain aroma tidak sedap yang mengganggu aktivitas warga, perubahan warna sungai Ciberes juga kemungkinan bisa berdampak pada air bersih yang ada di sumur warga. Andi mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk mengatasi masalah ini.

"Mungkin kita nanti koordinasi sama Dinas terkait misalnya Dinas Lingkungan Hidup , serta terutama sama masyarakatnya agar tidak buang sampah di sungai," katanya.

Dirinya berharap agar agar sungai Ciberes bisa kembali normal dan bersih kembali. Kedepannya ia akan membuat taman di sekitar sungai, dan membuat tempat pembuangan sampah.

"Harapan saya semoga sungai kembali normal dan bersih. kedepan saya pengen ada penataan ruang taman sungai yang menyediakan tempat-tempat sampah yang sesuai," ucap dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini