nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Penipuan Mirip Abu Tours Terbongkar di Sulsel, Korbannya Ada Polisi

Herman Amiruddin, Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 05:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 30 609 2136271 kasus-penipuan-mirip-abu-tours-terbongkar-di-sulsel-korbannya-ada-polisi-7TsPemKetB.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MAKASSAR - Seorang perempuan bernama Andi Halwatia terpaksa diamankan aparat Polres Pelabuhan setelah melakukan penipuan modus jasa perjalanan umrah.

Ia memiliki usaha biro perjalanan umrah dan haji bernama Insan Mulia. Dalam aksinya, pelaku melakukan penipuan dan penggelapan terhadap calon jamaah haji yang mirip dengan kasus jasa travel umrah Abu Tours.

Pelaku juga telah menelantarkan calon jamaah yang merupakan korbannya di Jakarta. Sebelumnya, korban sempat melakukan upaya persuasif secara kekeluargaan dengan meminta uangnya dikembalikan. Namun, Andi Halwatia tak memberikannya.

Baca Juga: Aset Akumobil Kembali Disita, Kini Mobil Lexus Seharga Rp1,4 Miliar 

Kapolres Pelabuhan, AKBP Kadarislam Kasim mengatakan terlapor akhirnya diamakan dan meningkatkan statusnya jadi tersangka dalam tindak pidana penipuan dan penggelapan. "Yang bersangkutan mengumpulkan dana pengurusan Ibadah Haji melalui jalur Haji plus tahun 2019," katanya.

 Ilustrasi

Dari keterangan korban bernama Rustam seorang anggota kepolisian. Ia dijanjikan untuk Haji Plus 2021 untuk 2 seat dengan menyetor uang senilai Rp200 juta. Belakangan di tahun 2019.

Akal bulus tersangka muncul dengan mengimingi korban dengan menawarkan pemberangkatan cepat di tahun 2019. "Dengan catatan korban harus menambah senilai Rp140 juta karena berdua dengan istrinya," ujar Kadarislam.

Mantan Kapolres Bone melanjutkan, korban yang merupakan anggota Polri itu setelah diimingi. Ia lalu transfer uang tambahan yang diminta tersangka, korban kemudian pada bulan Agustus diberangkatkan di Jakarta.

"Ketika korban di Jakarta menunggu pemberangkatan hingga akhir tanggal pemberangkatan. Namun, korban batal diberangkatkan. Merasa tertipu hingga korban melaporkannya kasus ini ke pihak kepolisian Mapolres Pelabuhan Makassar," kata Kadarislam.

Laporan korban kemudian ditindaklanjuti Mapolres Pelabuhan, selanjutnya Tim Reksrim melakukan penyelidikan keberadaan tersangka yang tercatat merupakan warga Sinjai itu.

Proses penyelidikan kata Kadarislam keberadaan tersangka diketahui tengah berada di sebuah indekos yang ada di Jalan Jagal Jagawana, Kelurahan Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

"Hasilnya tersangka berhasil dibekuk, selanjutnya tersangka diterbangkan ke Makassar guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut," kata Kadarislam.

Menurut perwira dua bunga melati dipundaknya itu bahwa pemilik biro haji Insan Mulia, Andi Halwatiah (33), diduga menipu jemaahnya ratusan juta rupiah untuk membayar utang.

"Kalau informasi yang kami terima bahwa yang bersangkutan ini (Andi Balwatiah), melakukan penipuan dengan mencari korban untuk membayar utangnya ke dua orang pria bernama Muzakkir dan Anwar yang juga merupakan pengurus travel haji. Tapi kami sudah melayangkan pemanggilan dan kabarnya keduanya masih di Saudi Arabia. Namun demikian keduanya akan diperiksa untuk dimintai keterangannya," tuturnya.

Kadarislam menambahkan, pihaknya mengarahkan korban lainnya untuk segera melapor berdasarkan informasi bahwa banyak korban lainnya.

"Selain Aipda Rustam bersama istrinya jadi korban, masih ada korban lainnya. Bahkan ada seorang korbannya tertipu hingga Rp515 juta. Korbannya yang lain ada di Soppeng, Bone dan Sinjai. Makanya kami arahkan untuk melapor," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini