Tak Hanya Nama, Rumah Sakit & Dokter Lahiran Bocah Ini Sama dengan Cucu Jokowi

Bramantyo, Okezone · Minggu 01 Desember 2019 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 01 512 2136603 tak-hanya-nama-rumah-sakit-dokter-lahiran-bocah-ini-sama-dengan-cucu-jokowi-1Ulz6j8YOA.jpg Bocah bernama Lembah Manah ini miliki banyak kesamaan dengan cucu ketiga Jokowi. (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO – Nama putra kedua pasangan Yoyok Prima Maulana dan Indah Fajarwati, warga Jalan Bawean, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, ini mendadak mencuat ke publik. Pasalnya, bocah kelahiran 11 Maret 2010 ini memiliki nama yang sama dengan putri kedua Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, anak-mantu Presiden Joko Widodo.

Kemudian rumah sakit dan dokter yang menangani kelahiran Lembah Manah, yang kini duduk di bangku kelas IV SD, juga sama dengan cucu ketiga Jokowi yakni Dokter Soffin Arfian.

Baca juga: La Lembah Manah, Nama Cucu Ketiga Jokowi 

Guna memperjelas hal tersebut, Okezone pun bertandang ke kediaman Yoyok Prima Maulana dan Indah Fajarwati. Ketika sampai di sana, rumah tersebut dalam kondisi sepi.

Tidak lama kemudian keluar seorang perempuan lanjut usia menyambut kedatangan Okezone dengan ramah. Perempuan itu ternyata ibunda dari Yoyok.

Bocah bernama Lembah Manah miliki banyak kesamaan dengan cucu ketiga Jokowi. (Foto: Bramantyo/Okezone)

Ia mengatakan kalau putra dan cucunya tersebut sedang berada di lokasi car free day (CFD). Ibu tersebut lalu meminta Okezone datang satu jam lagi.

Sesuai waktu yang sudah ditentukan, Okezone akhirnya kembali mengunjungi kediaman Yoyok. Saat bertemu, pria yang pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi salah satu media nasional ini membenarkan putra keduanya memiliki nama sama dengan cucu ketiga Jokowi.

Baca juga: Doa Jokowi untuk La Lembah Manah: Jadi Anak Baik, Sehat dan Berbakti 

"Iya benar. Nama putra kedua saya kebetulan sama dengan nama cucu Presiden Jokowi, Lembah Manah," papar Yoyok mengawali percakapan dengan Okezone, Minggu (1/12/2019).

Padahal, ungkap dia, saat memberi nama putra keduanya itu banyak yang menanyakan alasannya. Mengapa memberi nama Lembah Manah?

"Ibu saya juga tanya kenapa saya kasih nama itu. Termasuk istri saya juga tanya: Kok tidak ada nama Islamnya? Kebetulan istri saya itu aktif di pengajian," terang Yoyok.

Dia mengungkapkan juga bingung ketika ditanya alasan memberi nama Lembah Manah. Yoyok mengatakan hanya ingin nama yang diberikan kepada anaknya ada doa terbaik dari kedua orangtua. Ia menginginkan putranya itu rendah hati, ramah, dan sederhana. Termasuk kepada putri pertamanya, Yoyok pun memberikan nama Banyu Biru.

Baca juga: Gibran Boyong Selvi dan La Lembah Manah Pulang 

"Kebetulan dulu kan tahun 2010 lagi ngetren nama panjang dan aneh-aneh. Tapi kok saya tidak tertarik. Bagi saya, nama-nama yang saat itu lagi ngetren tidak terlalu Indonesia lah. Terus tidak tahu dari mana, tahu-tahu muncul nama itu, oh iya, Lembah Manah," terangnya.

Gibran Rakabuming Raka bersama putrinya La Lembah Manah. (Foto: Ist)

Yoyok mengungkapkan, ketika awal sekolah, putranya itu tidak begitu suka dengan nama Lembah Manah. Meski tak diungkapkan, Yoyok paham dari bahasa tubuh yang ditunjukkan Rambo –sapaan akrab Lembah Manah di rumah.

Baca juga: Gibran Bagikan Nasi Kotak Akikahan La Lembah Manah ke Pedagang Pasar 

Namun sejak kelahiran cucu ketiga Jokowi, dan kebetulan namannya sama, putranya tersebut terlihat sangat gembira serta percaya diri.

"Anak saya tambah percaya diri. Dulu kan dengar namanya aneh. Dia gimana gitu. Belum lagi pandangan orang. Kalau sekarang tidak. Malahan sekarang dia bangga yang pakai nama itu (Lembah Manah) bukan orang sembarangan," paparnya.

Yoyok menuturkan, antara dirinya dengan Gibran Rakabuming Raka tidak saling kenal dan tak pernah bertemu. Sehingga, kesamaan nama buah hati mereka merupakan takdir dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Selvi Ananda Melahirkan Lewat Cesar, Iriana Jokowi Deg-degan 

Jokowi bersama Jan Ethes menjenguk cucu ketiganya di RS PKU Muhammadiyah Solo. (Foto: Dok Okezone/Bramantyo)

Sambil berkelakar, Yoyok mengatakan memang rumah sakit dan dokter yang menangani persalinan sama, namun kamar perawatannya berbeda.

"Yang beda cuma kamarnya saja," ujar dia sambil tertawa lepas.

Baca juga: Ketika Jan Ethes Lambaikan Tangan dan Ucapkan Halo ke Wartawan 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini