nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seniman Asal AS Bikin Heboh Usai Makan Pisang Hasil Karya Seni Italia Senilai Rp1,7 Miliar

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 04:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 18 2139491 seniman-asal-as-bikin-heboh-usai-makan-pisang-hasil-karya-seni-italia-senilai-rp1-7-miliar-fskD7NIoyC.jpeg Seniman Bernama David Datuna Makan Pisang Hasil Karya Seni Senilai Rp1,7 Miliar (foto: Instagram)

MIAMI - Seorang seniman asal Amerika Serikat (AS) bernama David Datuna membuat heboh pengunjung pemeran seni Art Basel di Miami Beach, Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu 7 Desember 2019. Ya, Datuna mengambil sebuah pisang yang ditempel di dinding galeri lalu memakannya.

Padahal, pisang itu sebenarnya karya seni dari seniman Italia Maurizio Cattelan yang berjudul ‘Komedian’ dan sudah terjual kepada seorang kolektor Prancis, seharga USD120.000 atau setara sekira Rp1,7 miliar.

Baca Juga: Penumpang Pesawat Disengat Kalajengking dalam Penerbangan di Amerika Serikat 

Dalam video yang diunggah di akun Instagram-nya, Datuna, seniman asal AS kelahiran Georgia yang tinggal di New York, tampak berjalan ke pisang itu lalu menariknya dari dinding.

"Pertunjukan seni, artis lapar," katanya sambil mengupas buah itu lalu menggigitnya.

“Terima kasih, sangat enak,” sambung Datuna, usai mamakannya.

 

Beberapa pengunjung tertawa melihat aksi konyol Datuna. Sementara petugas galeri sempat kebingungan lalu membawa Datuna ke tempat lain untuk diinterogasi.

"Dia tidak menghancurkan karya seni. Pisang itu adalah idenya," kata Direktur Hubungan Museum untuk Galerie Perrotin, Lucien Terras kepada Miami Herald, seperti dilansir kembali dari AFP, Minggu (8/12/2019).

Ternyata, nilai karya seni dari buah pisang itu ada dalam sertifikat keaslian. Kemudian, penyelenggara pameran menggantinya dengan pisang karya seni lainnya dan ditempel dengan posisi yang sama 15 menit setelah aksi Datuna.

"Pisang ini sudah membuat ketegangan dan pusat perhatian. Tapi responsnya luar biasa. Ini membuat banyak orang tersenyum,” ucap Terras.

Sementara Direktur galeri Peggy Leboeuf mengatakan, tidak ada tindakan hukum yang diambil terhadap Datuna setelah aksi konyolnya itu.

"Dia tidak ditangkap, tapi kami memintanya meninggalkan stan dan pameran," kata Leboeuf.

Baca Juga: Tubuh Diduga WNI Ditemukan Dalam Perut Buaya di Malaysia 

Kasus mirip seperi itu pernah dialami, Seniman Cattelan yang dikenal dengan karya seni lain yakni kloset emas 18 karat yang diberi nama ‘Amerika’. Dia pernah meminjamkan kloset senilai 6 juta dolar AS itu kepada Presiden AS Donald Trump, meski tak jadi.

Namun, kloset itu kembali menjadi pemberitaan pada September ketika dicuri dalam pameran di Istana Blenheim, Inggris.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini