nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pantai Bohay di Probolinggo Dipenuhi Buih Putih, Diduga Tercemar PLTU Paiton

Senin 09 Desember 2019 02:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 519 2139480 pantai-bohay-di-probolinggo-dipenuhi-buih-putih-diduga-tercemar-pltu-paiton-nX7dBGiR4K.jpg Pantai Bohay di Probolinggo, Jawa Timur, Diselimuti Buih Putih Diduga Tercemar Limbah PLTU Paiton (foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO - Buih putih menyelimuti Pantai Bohay (Binor Harmony) di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Diduga buih tersebut berasal dari limbah pembangkit listrik PLTU Paiton.

Buih berwarna putih itu muncul sejak Jumat 6 Desember 2019 dan mengagetkan para pengunjung. Mereka dibuat penasaran dengan fenomena buih atau busa di sepanjang bibir pantai.

Baca Juga: Tumpahan Minyak Pertamina Kembali Cemari Pantai Utara Karawang 

Pengelola wisata Pantai Bohay, Anton Marsono mengatakan, buih tersebut sangat mengganggu keindahan pantai. Bila dipegang, kata dia, buih terasa gatal.

“Kalau dipegang agak gatal di tangan,” ucap Anton seperti dikutip iNews, Minggu (8/12/2019).

Pantai Bohay di Probolinggo Diselimuti Buih Putih Diduga Tercemar Limbah PLTU Paiton. (foto: iNews/Hana Purwadi)	Pantai Bohay di Probolinggo Diselimuti Buih Putih Diduga Tercemar Limbah PLTU Paiton. (foto: iNews/Hana Purwadi) 

Dia menduga, buih tersebut berasal dari pembangkitan listrik PLTU Paiton unit 9. Anton berharap, fenomena buih tersebut bisa segera di atasi karena akan berbahaya dan mengganggu kesehatan wisatawan.

Sementara Manager Pemeliharaan Lingkungan Hidup PJB Unit 9 PLTU Paiton, Suyanto mengakui buih yang menyelimuti bibir Pantai Bohay berasal dari limbah pendingin kondensor PLTU.

Baca Juga: Sungai di Cirebon Berubah Warna Jadi Merah Muda dan Beraroma Menyengat 

“Ya, buih ini dari pendingin kondensor PLTU. Tapi, buih tersebut tidak berbahaya bagi lingkungan,” kata Suyanto.

Menurut dia, PLTU Unit 9 Paiton sudah berupaya mengecek sistem dan tidak ada gangguan. “Tapi, kami akan secepatnya membersihkan buih di Pantai Bohay ini,” ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini