nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temuan Reruntuhan Rumah Bangsawan Majapahit Gegerkan Warga Jombang

Rabu 18 Desember 2019 00:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 17 519 2143182 temuan-reruntuhan-rumah-bangsawan-majapahit-gegerkan-warga-jombang-mr3bXUn0l1.JPG Sisa reruntuhan rumah diduga milik bangsawan era Kerajaan Majapahit (Foto: iNews.id)

JOMBANG – Warga Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan reruntuhan yang diduga sisa rumah bangsawan ara Kerajaan Majapahit. Situs bersejarah itu ditemukan seorang warga yang sedang menggali tanah hingga kedalaman dua meter.

Penemuan itu langsung dilaporkan kepada Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Tim arkeolog yang terjun ke lapangan menemukan bekas patahan-patahan batu menyerupai tiang beserta umpak atau alasnya. Kemudian tim arkeolog menemukan batu ambang pintu serta batu dakon yang biasa digunakan sebagai penghitung musim.

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan penemuan-penemuan itu menunjukkan struktur rumah bangsawan. Hal itu bisa dilihat dari tiang dan ambang pintu yang dihiasi dengan pahatan kelopak bunga.

“Berdasarkan temuan yang diselamatkan warga bisa diduga bahwa ini merupakan bagian dari rumah bangsawan, karena ada hiasan di tiang rumahnya. Juga menunjukkan ada bagian yang diduga gapura sebelum memasuki bangunan utama,” kata dia, melansir dari iNews.id, Selasa (17/12/2019).

Beberapa bagian situs tersebut masih terlihat jelas menyerupai struktur rumah yang terdiri atas batu bata. Petugas juga menemukan pecahan gerabah dan keramik di sekitar situs. Situs tersebut diduga hancur dan terkubur akibat letusan gunung berapi.

Warga penemu situs tersebut, Mujib mengaku sempat mendapat firasat mimpi sebelum berhasil menemukan situs arkeologi tersebut.

“Awalnya saya bermimpi ditunjukkan suatu tempat yang terlihat ada bekas reruntuhan rumah bangsawan zaman Majapahit. Kalau tidak bermimpi mungkin saya tidak menemukannya,” ujar Mujib.

Atas dasar mimpi tersebut, Mujib kemudian melakukan penggalian di tempat yang dimaksud. Sebelumnya, di lokasi tak jauh dari penemuan situs rumah bangsawan Majapahit itu, warga dihebohkan dengan penemuan reruntuhan diduga petirtaan atau tempat pemandian suci milik keluarga Kerajaan Kediri.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini