Ikut Kegiatan Pencinta Alam, Siswa SMK di Tasikmalaya Tewas Kelelahan

Senin 23 Desember 2019 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 23 525 2145178 ikut-kegiatan-pencinta-alam-siswa-smk-di-tasikmalaya-tewas-kelelahan-21Gk2TzZwc.JPG (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA - Erwin Sudirja (16) meninggal dunia saat mengikuti kegiatan pelatihan dasar pecinta alam di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Siswa SMK Negeri 2 Tasikmalaya ini diduga meninggal karena kelelahan.

Sebagaimana diberitakan iNews.id, kegiatan pecinta alam tersebut dilakukan pada Sabtu (21/12). Erwin tewas usai berjalan hingga 10 kilometer dalam kegiatan pecinta alam Lampah Kancakna.

Salah satu pengurus pecinta alam, Andri Pratama mengatakan korban mengikuti pendidikan dengan berjalan kaki sepanjang 10 kilometer di Gunung Cakra Buana. Korban sempat dirawat di sekitar rumah warga saat pertama kali jatuh pingsan. Namun karena kondisinya memburuk, korban dibawa ke puskesmas terdekat dan meninggal saat di perjalanan, Minggu (22/12).

"Tiba-tiba pingsan, kelelahan, hari Sabtu, malam Minggu, bawa ke rumah warga. Lakukan penanganan pertama. Alhamdulillah bisa ditangani, setelah istirahat. Kondisinya semakin lemah, kita langsung nyari ambulans ke puskesmas," ucap Erwin, Senin (23/12/2019).

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Erwin memastikan tidak ada perploncoan dalam acara tersebut. Menurutnya, acara itu sudah dilakukan sejak 23 tahun lalu, dan belum pernah memakan korban jiwa.

"Itu latihan penerapan bencana alam. Enggak ada plonco, kita rutin acara hampir 23 tahun, baru kali ini ada korban," kata Erwin.

Erwin telah dimakamkan di pagi ini, di dekat kediamannya, Kampung Sindanghurip, Desa Jatihurip, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Paman korban, Nanang, mengatakan keluarga menerima kematian Erwin. Dia mengatakan masalah tersebut akan diselesaikan secara kekeluargaan.

"Akan diselesaikan secara kekeluargaan," ucap Nanang.

Hasil pemeriksaan petugas kesehatan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Erwin diduga meninggal karena kelelahan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini