Gerhana Matahari Cincin Akan Tampak Penuh di Dua Wilayah Aceh

Windy Phagta, Okezone · Kamis 26 Desember 2019 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 340 2146104 gerhana-matahari-cincin-akan-tampak-penuh-di-dua-wilayah-aceh-voCqJbe6i4.jpg Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Foto: Magzter)

SIMEULUE – Gerhana matahari cincin akan tampak penuh di dua wilayah kabupaten di Provinsi Aceh yakni Simeulue dan Aceh Singkil. Atas terjadinya fenomena langka tersebut, masyarakat pun diajak berdoa agar cuaca ketika gerhana matahari cincin terjadi dalam keadaan cerah.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh juga mengajak masyarakat bersama-sama menyaksikan gerhana matahari cincin serta melaksanakan Salat Gerhana (Kusuf).

Baca juga: Gerhana Matahari, Kemenag Imbau Umat Islam Dirikan Salat Kusuf 

"Kita melakukan pemantauan di sini karena memang ada sesuatu yang lebih. Berbagai persiapan telah kita lakukan jauh-jauh hari. Mudah-mudahan cuacanya bagus dan tidak ada kendala apa pun, sehingga kita bisa menyaksikan salah satu karunia Allah ini," kata Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh, Hamdan, Rabu 25 Desember 2019.

Ia menerangkan, petugas Kemenag Aceh melakukan pemantauan gerhana matahari cincin di halaman Masjid Baiturrahmah Simeulue. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk pemasangan teleskop.

Tim Falakiyah Kemenag Aceh, lanjut dia, juga sudah melakukan uji coba teleskop yang dipakai untuk memantau gerhana matahari cincin yang diprediksi terjadi pada Kamis 26 Desember 2019 siang.

Baca juga: Pulau Miangas & Marore Dapat Melihat Fase Gerhana Matahari Cincin 

Dia mengatakan, petugas telah menyiapkan 10 teleskop serta 500 kacamata yang bisa digunakan masyarakat.

"Secara ilmiah ini fenomena alam, dan secara agama ini bukti kekuasaan Allah, karunia, dan kebesaran Allah. Setelah Allah memberikan karunia ini, kemudian kita diperintahkan untuk melakukan Salat Kusuf, berzikir, dan bersedekah," tambahnya.

Kemenag Aceh dan pemerintah setempat juga akan menggelar Salat Gerhana di Masjid Baiturrahman Simeulue.

Berdasarkan data Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, gerhana matahari cincin di Aceh diperkirakan terjadi pukul 10.08 sampai 13.56 WIB atau berlangsung selama 3 jam 45 menit 52 detik.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Bakal Terlihat di 7 Provinsi, Berikut Daftarnya 

Di kawasan Simeulue, gerhana matahari akan dimulai 10.07.06 WIB. Sementara gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 11.53.51 WIB.

Puncak gerhana matahari cincin pukul 11.55.20 dan berakhir pada 11.56.54 WIB.

Baca juga: Warga Bandung Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Catat Waktunya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini