Hampir Setengah Miliar Hewan Diperkirakan Mati Akibat Kebakaran Hutan Australia

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 Januari 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 03 18 2148790 hampir-setengah-miliar-hewan-diperkirakan-mati-akibat-kebakaran-hutan-australia-YDl86LiK4D.jpg Foto: Reuters.

SYDNEY - Ahli ekologi di Australia memperkirakan hampir setengah miliar hewan, termasuk reptil, mamalia dan burung telah mati dalam kebakaran yang melanda negara itu sejak September 2019. Jumlah itu bahkan kemungkinan diperkirakan lebih tinggi karena kebakaran yang menghanguskan sebagian wilayah Victoria dan Pantai Selatan New South Wales (NSW) dalam beberapa hari terakhir.

"Kebakaran telah membakar sangat panas dan begitu cepat sehingga ada kematian hewan yang signifikan di pohon-pohon, tetapi ada daerah yang begitu besar sekarang yang masih terbakar sehingga kita mungkin tidak akan pernah menemukan mayatnya," kata Ahli Ekologi dari Dewan Konservasi Alam Sydney, Mark Graham sebagaimana dikutip Sputnik, Jumat (3/1/2020).

BACA JUGA: Koala Korban Kebakaran Hutan Australia Disuntik Mati karena Terluka Parah

Hewan-hewan yang mati dalam kebakaran termasuk kanguru, koala, walabi, possum, wombat dan echidna.

Laporan Reuters mengutip beberapa pejabat Australia memperkirakan bahwa 30 persen dari satu koloni koala di pantai timur laut negara itu telah mati dalam kebakaran. Koala menjadi hewan yang paling terpengaruh oleh kebakaran hutan karena mereka bergerak lambat dan memakan daun dari pohon eucalyptus, yang sangat mudah terbakar.

Australia telah menghadapi ratusan kebakaran hutan sejak September, menyebabkan kondisi udara yang sangat berbahaya, terutama di bagian timur dan barat daya Sydney. Kondisi yang sangat berbahaya diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini, dengan ramalan cuaca memperkirakan suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celcius pada Sabtu. Pemerintah NSW telah menyatakan keadaan darurat, yang akan mulai berlaku Jumat pagi.

BACA JUGA: Momen Mengharukan Koala yang Terbakar Diberi Minum Seorang Pria

Menurut penilaian dampak terbaru oleh Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan NSW, lebih dari 1.200 rumah telah hancur akibat kebakaran sejak September. Kebakaran juga telah menyebabkan sedikitnya delapan orang tewas, 17 lainnya masih hilang, dan puluhan ribu orang terpaksa mengungsi di pantai Australia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini