nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korupsi Dana Desa Rp1,3 Miliar, Mantan Kades di Boyolali Jadi Tersangka

Minggu 05 Januari 2020 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 05 512 2149462 korupsi-dana-desa-rp1-3-miliar-mantan-kades-di-boyolali-jadi-tersangka-AhLUYU7ftu.JPG Mantan Kades Boyolali digiring jaksa akibat tersangkut kasus korupsi dana desa Rp1,3 miliar (Foto: iNews.id)

BOYOLALI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Boyolali menetapkan Joko Sarjono sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana desa sebesar Rp1,3 miliar. Joko adalah mantan Kepala Desa (Kades) Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

“Peningkatan status dari saksi menjadi tersangka telah melewati serangkaian pemeriksaan,” ujar Kepala Kejari Boyolali, Prihatin, dilansir dari iNews.id, Minggu (5/1/2020).

Guna memudahkan proses penyidikan, Kejari Boyolali memutuskan untuk menahan tersangka di Rumah Tahanan (Rutan) Boyolali.

Menurutnya, tersangka diduga menyalahgunakan dana desa sebesar Rp1,3 miliar yang diperoleh dari selisih hasil ganti rugi tanah kas desa. Tanah kas desa yang dimaksud adalah tanah yang terdampak proyek tol Salatiga-Kartasura.

Sebagai kepala desa, tersangka menerima dana desa senilai Rp12,5 miliar yang telah digunakan untuk membeli tanah kas desa pengganti senilai Rp10,6 miliar.

Sementara dana desa yang tersisa, malah dipakai oleh tersangka untuk kepentingan pribadi senilai Rp1,3 miliar.

Dia menambahkan, Kejari Boyolali masih terus melakukan pengembangan penyidikan dalam kasus ini untuk mencari kemungkinan ada pihak lain yang terlibat menggunakan dana desa.

Tersangka pun dijerat Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Tipikor Nomor 31 Tahun 1999 dengan ancaman 4 tahun penjara.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini