nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M 6,4 Guncang Simeulue Aceh, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Windy Phagta, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 13:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 07 340 2150181 gempa-m-6-4-guncang-simeulue-aceh-warga-berhamburan-keluar-rumah-hkNAKnNqOY.jpeg ilustrasi (Shutterstock)

BANDA ACEH – Gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang Pulau Simeulue, Aceh, Selasa (7/1/2020) siang. Guncangan lindu terasa kuat sehingga membuat warga di kabupaten kepulauan itu berhamburan keluar rumah.

“Berhamburan semua (keluar) rumah,” kata Ahmadi, perwakilan Forum Jurnalis Aceh Peduli Bencana (FJAPB) di Pulau Simeulue, saat dihubungi Okezone melalui telepon.

Ahmadi saat gempa berada di Sinabang, Ibu Kota Kabupaten Simeulue. Menurutnya gempa terasa cukup kuat. “Terasa 15 detik lebih kurang, lumayan terasa,” ujar dia.

Menurutnya gempa terjadi sekira pukul 13.05 WIB, bertepatan dengan jam pulang sekolah dan istirahat kantor.

“Jadi barengan orang-orang kantor udah pada keluar istirahat, anak-anak sekolah juga baru pulang sekolah, jadi jalan (di Sinabang) ramai tadi. Cuma enggak ada yang lari-lari,” tutur Ahmadi.

 Ilustrasi

Hanya saja, lanjut dia, orang-orang yang berada dalam rumah dan bangunan pada berhamburan keluar saat gempa terjadi.

Ahmadi mengatakan kondisi di Simeuleu kini sudah kembali normal. Belum ada laporan kerusakan maupun korban.

Ahmadi sudah memantau langsung permukaan air di bibir pantai Kota Sinabang tepatnya di Pelabuhan Kargo. Menurutnya kondisi permukaan air laut masih normal, tak ada kenaikan atau surut.

"Saya lagi berada di Pelabuhan (Kargo) memantau air laut, tadi saya juga udah keliling ke pusat kota belum melihat adanya kerusakan," ujar Ahmadi.

Baca juga: Gempa M 6,4 Guncang Simeulue Aceh

BMKG menyatakan gempa magnitudo 6,4 yang berpusat di sekitar 24 kilometer arah barat daya Sinabang pada kedalaman 13 kilometer, tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” saran BMKG disampaikan melalui laman resminya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini