nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M6,1 di Simeulue Aceh, 2 Bangunan Rusak

Windy Phagta, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 15:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 07 340 2150245 gempa-m6-1-di-simeulue-aceh-2-bangunan-rusak-sisRlkmgUA.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

SINABANG - Kabupaten Simelue, Aceh diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 magnitudo. Akibat gempa tersebut, dua unit bangunan mengalami rusak ringan.

Kalak Badan Penanggunangan Bencana Kabupaten Simeulu, Ali Hasmi mengatakan, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Hingga saat ini laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut sebanyak dua unit sarana pemerintah mengalami keretakan ringan dan sebagian kaca jendela pecah.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Ali dalam keterangannya.

 Baca juga: BMKG Ungkap Pemicu Gempa M6,1 di Simeulue Aceh

Lebih lanjut Ali menuturkan, pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan dan pendataan.

Menurut data BMKG, gempa berpusat di kedalaman 13 kilometer, 2.29 Lintang Utara, 96.24 Bujur Timur atau berada di 24 kilometer Barat Daya Sinabang, Pulau Simeulue, Aceh.

 Baca juga: Gempa M 6,4 Guncang Simeulue Aceh, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa tersebut juga turut dirasakan di Tapak Tuan Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Singkil, Nias Utara, Gunung Sitoli, Sumatera Utara dan Meulaboh. Gempa berlangsung selama kurang lebih 15 detik hingga membuat warga berhamburan keluar rumah.

"Gempa cukup terasa, hingga warga berhamburan keluar rumah, namun kondisi keseluruhan sudah aman dan stabil," ujar Ahmadi salah satu warga Simelue.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini