nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kantor Bupati hingga Puskesmas Rusak Akibat Gempa M6,4 di Simeulue

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 04:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 08 340 2150444 kantor-bupati-hingga-puskesmas-rusak-akibat-gempa-m6-4-di-simeulue-BUCmdoaJA8.jpg Ilustrasi seismograf (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sejumlah kantor pemerintahan hingga rumah warga di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, rusak akibat getaran gempa berkekuatan Magnitudo 6,4. Gempa tersebut terjadi pada Selasa 7 Januari 2020 sekira pukul 13.05 WIB.

Berdasarkan informasi, gempa dengan kedalaman 13 kilometer yang berlokasi pada 24 kilometer Barat Daya Sinabang, pulau terluar Aceh. Titik koordinat gempa berada pada 2,29 Lintang Utara (LU) dan 96,24 Bujur Timur (BT).

Gempa ini juga turut dirasakan di wilayah Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Singkil, Nias Utara, Gunung Sitoli, Sumatera Utara dan Meulaboh. Gempa berlangsung selama kurang lebih 15 detik hingga membuat warga berhamburan keluar rumah.

Baca juga: BMKG Ungkap Pemicu Gempa M6,1 di Simeulue Aceh

Pusdalops BPBD Kabupaten Simeulue merilis data kerusakan sementara pascagempa di wilayah tersebut. Salah satu bangunan yang terdampak kerusakan ialah Kantor Bupati Simeulue. Berikut data kerusakan bangunan akibat gempa M6,4 yang mengguncang Simeulue, Aceh pada Selasa, 7 Januari 2020 siang:

- Kantor Bupati Simeulue

- Kantor Satpol PP dan WH

- Kantor MPU Kabupaten Simeulue

- Kantor Camat Teupah Tengah

- Puskesmas Kecamatan Teupah Barat

- Kantor Desa Salur Kecamatan Teupah Barat

- Kantor Wartawan (Pers Kabupaten Simeulue)

- Pasar Rakyat Kecamatan Teluk Dalam sebanyak 5 Pintu

- Satu unit rumah penduduk di Desa Badegong Kecamatan Teupah Selatan mengalami rusak ringan dirasakan sebanyak 1 KK atau 3 jiwa.

Baca juga: Getaran Gempa M 6,1 di Simeulue Aceh Terasa hingga Nias dan Medan

Sedangkan data kerusakan lainnya pihak BPBD Kabupaten Simeulue hingga kini masih menunggu laporan dari pihak Kecamatan dalam Kabupaten Simeulue. Adapun jumlah kerusakan dan kerugian juga masih dalam perhitungan oleh Tim Pusdalops BPBD Kabupaten Simeulue.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini