nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Berapi Taal Muntahkan Abu Vulkanis, Ribuan Orang Diminta Mengungsi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 13 18 2152152 gunung-berapi-taal-muntahkan-abu-vulkanis-ribuan-orang-diminta-mengungsi-Y1q99r66dr.jpg Gunung Berapi Taal, Filipina. (Foto: Reuters)

MANILA – Gunung Berapi Taal di selatan Ibu Kota Filipina, Manila mengeluarkan gumpalan abu rakasa sejauh 1 kilometer ke langit, mendorong pihak berwenang untuk memerintahkan evakuasi sekira 8.000 orang yang tinggal di dekatnya. Pada Minggu, suara bergemuruh dan guncangan juga dilaporkan dari gunung berapi paling aktif kedua di Filipina itu.

Pihak berwenang menaikkan status gunung berapi itu ke tingkat siaga, memperingatkan bahwa "letusan berbahaya" mungkin terjadi dalam beberapa pekan mendatang.

BACA JUGA: Gunung Berapi Paling Aktif di Filipina Meletus

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) juga memperingatkan penduduk yang tinggal di dekat Gunung Taal akan kemungkinan "tsunami vulkanik". Sementara itu penerbangan di bandara internasional Manila juga mengalami penundaan karena abu vulkanik.

Pada Minggu, abu vulkanis mulai jatuh di daerah terdekat dan penduduk disarankan untuk mengenakan masker. Seorang pria di Kota Tagaytay, tujuan liburan yang populer, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa dia sedang makan siang ketika dia mendengar suara gemuruh.

"Kami melihat gunung berapi meletus. Hujan dan beberapa kerikil jatuh ke tanah," kata Jon Patrick Yen kepada Reuters sebagaimana dilansir BBC, Senin (13/1/2020). Pria yang sedang berada di kota tujuan wisata Tagaytay itu mengatakan bahwa dia sedang makan siang saat mendengar suara gemuruh dari Gunung Taal.

BACA JUGA: Letusan Gunung Berapi Ancam Manila 

"Saya tidak berharap melihat tontonan seperti itu," ujarnya.

PHIVOLCS telah mendesak orang-orang yang tinggal di sekitar gunung berapi, yang terletak di sebuah pulau di tengah danau Taal, dan dua kota terdekat "berisiko tinggi" untuk mengungsi.

Taal adalah salah satu gunung berapi terkecil di dunia. Gunung itu telah mencatat setidaknya 34 letusan dalam 450 tahun terakhir.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini