nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muhammad Farhan, Sandera WNI Terakhir Abu Sayyaf Berhasil Dibebaskan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 08:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 16 18 2153517 muhammad-farhan-sandera-wni-terakhir-abu-sayyaf-berhasil-dibebaskan-DEanasggJu.jpg Muhammad Farhan usai dibebaskan di Sulu, Filipina Selatan, 15 Januari 2020. (Foto: Daily Express via Westmincom)

JAKARTA – Muhammad Farhan, warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan, telah berhasil dibebaskan pada Rabu, 15 Januari 2020 pukul 18.45 waktu setempat. Pemuda berusia 27 tahun itu berhasil diselamatkan militer Filipina dalam sebuah operasi pembebasan di Baranggat Bato Bato, Indanan Sulu.

Berdasarkan keterangan pers yang dirilis Kementerian Luar Negeri RI, Farhan saat ini telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Westmincom, Zamboanga dan dinyatakan sehat. Dia akan diserahterimakan otoritas Filipina kepada KBRI Manila sebelum kemudian dipulangkan ke Indonesia.

BACA JUGA: 2 dari 3 WNI yang Disandera Abu Sayyaf Berhasil Dibebaskan

Farhan merupakan salah satu dari tiga WNI yang diculik di perairan Tambisan, Lahad Datu, Malaysia pada 23 September 2019 lalu. Dua sandera lain, Maharudin dan Samiun telah dibebaskan pada 22 Desember 2019 dan diserahkan langsung oleh Menteri Luar Negeri RI kepada keluarga pada 26 Desember 2019.

BACA JUGA: Kelompok Abu Sayyaf Sandera 3 WNI, Minta Tebusan Rp8,3 Miliar

Dengan bebasnya Farhan maka semua WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina telah berhasil dibebaskan.

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik dari Pemerintah Filipina, termasuk Divisi 11 Angkatan Bersenjata Filipina di Sulu, dalam upaya pembebasan para sandera

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini