nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sungai Tertutup Busa Sepanjang 1 Kilometer Hebohkan Warga Sidoarjo

Sabtu 18 Januari 2020 16:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 519 2154794 sungai-tertutup-busa-sepanjang-1-kilometer-hebohkan-warga-sidoarjo-1upWqN1KCm.JPG Sungai di Sidoarjo, Jawa Timur tertutup busa sepanjang satu kilometer (Foto: YouTube)

SIDOARJO - Sungai tertutup buih busa sepanjang satu kilometer bikin heboh warga Desa Sumput, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Buih yang bentuk dan warnanya seperti salju itu hampir menutup seluruh permukaan sungai dan menjadi tontonan warga.

Seorang warga, Hadi mengaku, warga sudah mulai melihat ada buih busa di sungai tersebut sehari sebelumnya. Namun, buih busa justru semakin banyak muncul pada Sabtu (18/1/2020) siang.

“Biasanya airnya cenderung coklat dan berbau, ini tidak. Tapi, buih busanya menutupi permukaan sungai dan berwarna putih,” ujarnya, mengutip iNews.id.

Warga berharap Pemkab Sidoarjo segera turun tangan mengatasi masalah pencemaran sungai tersebut. Warga khawatir busa berdampak buruk pada ikan yang ada di sungai.

“Mungkin bisa dilakukan tindakan, karena kami juga tidak tahu apakah ada ikannya yang mati atau tidak akibat luapan buih busa itu. Tepatnya sejak di DAM Sumput ke arah Timur,” tuturnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin bejanji pihaknya akan memerintahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo untuk mengecek ke sungai di Desa Sumput.

“Kalau bisa hari ini DLHK turun ke lapangan untuk melihat dan mengambil contoh buih busa dari sungai itu,” kata Nur.

Jika nantinya tim menemukan terdapat pelanggaran, maka pemerintah daerah akan mengambil tindakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Kami sudah koordinasi memerintahkan pihak DLHK Sidoarjo untuk melakukan pemeriksaan air di sungai yang dipenuhi busa tersebut. Kalau nantinya ada pelanggaran, harus dilakukan penindakan,” tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini