nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Sunda Empire, Polda Jabar Siapkan Langkah Hukum

Sabtu 18 Januari 2020 10:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 18 525 2154653 heboh-sunda-empire-polda-jabar-siapkan-langkah-hukum-N3QH0LoxKp.JPG Postingan di facebook soal eksistensi komunitas Sunda Empire (Foto: Facebook)

BANDUNG - Polda Jawa Barat (Jabar) turut angkat bicara soal viralnya pemberitaaan Komunitas Sunda Empire. Direktur Ditreskrimum Polda Jabar, Kombes Hendra Suhartiyono menegaskan bahwa pihaknya sudah memonitor komunitas tersebut.

Polisi kata dia, akan tegas menyiapkan langkah hukum jika memang ditemukan pelanggaran.

"Kegiatan yang dimaksudkan (Sunda Empire) sudah kami monitor. Sedang kami dalami, siapkan langkah hukum jika memiliki kemiripan dengan Keraton Agung Sejagat di Jawa Tengah," kata Hendra di Mapolrestabes Bandung, mengutip iNews.id, Sabtu (18/1/2020).

Pendalaman yang dilakukan untuk merumuskan hal apa saja dari Sunda Empire yang diatur dan dilarang menurut hukum di Indonesia. Menurutnya, Polda Jabar akan mengkajinya secara mendalam terlebih dahulu.

"Kami lagi mendalami, apakah serupa dengan Keraton Agung Sejagat yang di Purworejo, kan beda-beda nih. Kalau pendalamannya sudah lengkap, kami siapkan langkah-langkah antisipasi," ujar Hendra.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Bandung, Sony menyebut keberadaan Sunda Empire tak terdaftar sebagai organisasi masyarakat (ormas).

"Mereka bukan ormas dan tidak tidak terdaftar sebagai ormas. Makanya kami sedang telusuri, karena hampir sama kaya yang di Jateng, makanya kami sedang koordinasi untuk mendalami," ujar Sony.

Disinggung tentang Sunda Empire kembali muncul setelah hampir dua tahun tak terdengar kabarnya seusai ditangani oleh Kodam IIi/Siliwangi, Sony menyebut sikap latah para simpatisannya.

"Ini mah latah dari kejadian yang di Purworejo. Tapi ini (Sunda Empire) memang perlu diantisipasi," tegas Sony.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini