nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Sosok Rohidin Pendiri Kesultanan Selacau di Tasikmalaya

Sabtu 18 Januari 2020 16:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 525 2154749 ini-sosok-rohidin-pendiri-kesultanan-selacau-di-tasikmalaya-YYVoZNl9Qv.jpg Rohidin pendiri Kesultanan Selacau di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Ist/iNews.id)

TASIKMALAYA – Belum habis kehebohan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire, kini muncul Kesultanan Selacau di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kesultanan Selacau didirikan oleh seorang pria bernama Rohidin (40).

Ia mengaku sebagai keturunan kesembilan dari Raja Pajajaran Surawisesa dengan gelar Sultan Patra Kusumah VIII. Kesultanan ini berdiri sejak 2004.

Baca juga: Muncul Kesultanan Selacau di Tasikmalaya, Ternyata Sudah Berdiri Lebih Satu Dekade 

Rohidin merupakan warga Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dia mengaku mendirikan Kesultanan Selacau sebagai upaya melestarikan kebudayaan asli Jawa Barat.

Kesultanan Selacau di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Ist/iNews.id)

Lokasi Kesultanan Selacau berada di Kampung Nagaratengah, Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya. Bangunan di kesultanan ini didominasi warna hijau.

Baca juga: Ini Penampakan Kesultanan Selacau di Tasikmalaya Jawa Barat 

Rohidin mengaku Kesultanan Selacau sudah mendapat pengakuan yang sah dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas kesultanannya itu. Dia mengatakan pengakuan tersebut terbit pada 2018.

"Sampai alhamdulillah 2018 keluar putusan warisan kultur budaya peninggalan Pajajaran," kata Rohidin, Sabtu (18/1/2020), mengutip dari iNews.id.

Rohidin mengatakan tidak pernah dipermasalahkan atas pencetusan Kesultanan Selacau. Dia menjelaskan bahwa kesultanan ini sudah pernah berdiri pada 1548–1589.

"Karena ada kudeta tahun 1527, keluarga kami ikut Surawisesa," katanya.

Baca juga: Sunda Empire Gelar Kegiatan Terakhir di Bandung Oktober 2019 

Kesultanan Selacau di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Ist/iNews.id)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini