Korsel Laporkan Kasus Pertama Coronavirus, Pasien Diketahui Tiba dari Wuhan China

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 20 Januari 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 18 2155591 korsel-laporkan-kasus-pertama-coronoavirus-pasien-diketahui-tiba-dari-wuhan-china-SpE64n8mhB.JPG Petugas mengecek suhu tubuh penumpang di Bandara Incheon, Korea Selatan. (Foto/Reuters)

SEOUL - Korea Selatan melaporkan kasus pertama mengenai coronavirus jenis baru yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (KCDC) Korea Selatan, mengatakan pasien yang terinfeksi virus adalah seorang wanita China berusia 35 tahun. Ia datang dari Wuhan ke Bandara Internasional Incheon pada Minggu 19 Januari 2020.

Wanita itu dikarantina saat masuk ke Korsel karena gejala terinfeksi coronavirus, seperti demam tinggi, kata KCDC dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Waspada Virus Misterius dari China, AS Akan Periksa Kesehatan Penumpang di Bandara

Baca juga: Virus Misterius Mewabah di China, Bandara Soetta Siapkan Pemindai Kesehatan

Wabah coronavirus jenis baru di China telah merenggut tiga jiwa dan jumlah pasien meningkat tiga kali lipat dalam 2 minggu.

Tiga kasus sebelumnya telah dilaporkan, dua di Thailand dan satu di Jepang. Para korban dilaporkan usai berkunjung dari Wuhan.

Virus yang sedang mewabah ini masuk dalam keluarga coronavirus, sama dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang menewaskan hampir 800 orang di dunia pada 2002-2003. Sumber virus SARS juga berasal China.

Dampak coronavirus membuat otoritas bandara di Singapura, Amerika Serikat, dan sebagian besar negara Asia juga menyaring penumpang yang berasal dari Wuhan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini