nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Yakin Bisa Kendalikan Virus Korona meski Sudah Menginfeksi 139 Orang dalam 2 Hari

Selasa 21 Januari 2020 07:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 18 2155679 china-yakin-bisa-kendalikan-coronavirus-meski-sudah-menginfeksi-139-orang-dalam-2-hari-xRFTcEW5Eb.jpg Papan informasi mengenai coronavirus di Bandara Haneda, Jepang. (Foto/Reuters)

BEIJING - China meyakinkan masyarakat bisa mencegah dan dapat mengendalikan corona virus atau virus korona meski kasus virus jenis baru itu telah menginfeksi 139 warga negara itu dalam dua hari.

Kasus-kasus baru ini ditemukan di Kota Wuhan, Beijing, dan Shenzhen.

Jumlah kasus yang dapat dikonfirmasi kini melonjak melebihi 200 pasien, tiga di antara mereka meninggal dunia akibat penyakit pernapasan.

Coronavirus jenis baru ini pertama kali dideteksi di Wuhan, China Tengah pada Desember lalu dan telah menyebar ke luar negeri, dua kasus di Thailand, satu di Jepang, dan satu lainnya di Korea Selatan.

Pihak berwenang mengatakan sebanyak 170 orang di Wuhan masih menjalani perawatan di rumah sakit, termasuk sembilan di antaranya yang mengalami kondisi kritis.

Baca juga: Waspada Virus Misterius dari China, AS Akan Periksa Kesehatan Penumpang di Bandara

Baca juga: Wabah Virus Misterius China Makin Parah, Ini Imbauan Kemlu untuk WNI

Pejabat kesehatan di Distrik Daxing, Beijing, menyebut dua orang yang telah bepergian ke Wuhan kini dirawat atas pneumonia terkait virus itu.

Di Shenzhen, sejumlah pejabat mengatakan seorang pria berusia 66 tahun menunjukkan gejala-gejala mengidap virus itu menyusul perjalanan mengunjungi kerabat di Wuhan.

Mengutip BBC, Senin (20/1/2020) pihak berwenang China meyakinkan masyarakat bahwa coronavirus yang telah menyebar ke luar negara itu "masih dapat dicegah dan dikendalikan."

Corona adalah kelompok virus yang menyerang manusia. Enam di antaranya telah diketahui, sebelum kemunculan virus terbaru di Wuhan belakangan ini.

Mereka yang terjangkit coronavirus dalam kasus-kasus awal merupakan pedagang dan pengunjung pasar di Wuhan.

Sementara SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang disebabkan corona virus, menjangkiti 8.098 orang di China sejak wabah itu meluas pada tahun 2002. Tercatat 774 orang meninggal dunia akibat virus tersebut.

Coronavirus dapat menyebabkan gejala mulai dari demam ringan yang dapat berujung pada kematian. (fzy)

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini