BPCB: Temuan Batuan di Lahan Pertanian Dieng Mengarah ke Candi

Elis Novit, iNews.id · Rabu 22 Januari 2020 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 512 2156318 bpcb-batuan-temuan-di-lahan-pertanian-dieng-mengarah-ke-candi-iaEH06BbnW.jpg Struktur Batuan di Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah, Mengarah ke Bangunan Candi (foto: Dokumentasi UPT Pariwisata Dieng)

BANJARNEGARA - Tim dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, melakukan pengamatan struktur batuan diduga candi di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Struktur batuan itu berada di lahan bekas pertanian kentang.

Ketua Unit Dieng BPCB Jawa Tengah Eri Budiarto mengatakan, dari hasil penelitian dan pengamatan bebatuan ini mengarah ke bentuk candi dengan perkiraan ukuran 3,5 meter x 3,5 meter.

Baca Juga: Warga Dieng Kulon Temukan Struktur Batu Diduga Candi 

"Kami sudah melakukan pengamatan hari ini dan menemukan bagian salasar dan bentuk padma, sehingga ini dapat dipastikan struktur bangunan candi," jelas Eri kepada wartawan, Selasa (21/1/2020).

Struktur Batuan di Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah, Mengarah ke Bangunan Candi (foto: Dokumentasi UPT Pariwisata Dieng)	 

BPCP yang melakukan pengamatan di lokasi juga mendapati kalau bangunan candi ini diprediksi menghadap ke arah timur.

Usia bangunan tersebut diperkirakan sama dengan candi-candi lain di Dieng. Namun, untuk mengetahui soal keberadaan arca di sekitar lokasi, harus dilakukan ekskavasi.

"Belum diketahui apakah ada benda lain seperti arca di lokasi temuan ini, jadi masih perlu dilakukan ekskavasi lanjutan," tambahnya.

Baca Juga: Lindungi Peninggalan Kerajaan Airlangga, Ekskavasi Tahap Ketiga di Situs Kuno Patakan Selesai 

Sebelumnya, Warga Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah dihebohkan oleh temuan batuan mirip candi di lahan pertanian milik warga. Penemuan diduga bangunan bersejarah itu berlangsung saat proses pembangunan Rumah Budaya di area komplek objek wisata Dieng.

Hal ini dijelaskan Alif Fauzi, warga Dieng Kulon pemilik lahan. Dia mengatakan, struktur batuan diduga candi ditemukan saat pihaknya menggali sedalam 1 meter saat hendak membuat septictank. (fid)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini