nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tahun DPO, Napi Terpidana Mati Ditembak Polisi

Azhari Sultan, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 01:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 22 340 2156891 5-tahun-dpo-napi-terpidana-mati-ditembak-polisi-ma9u7bSjrH.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAMBI - Perjalanan daftar pencarian orang (DPO) atas nama Johan Hutasoit (40), yang merupakan terpidana mati di Padang, Sumatera Barat berakhir di Jambi.

Warga Serunai Malam 1, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi itu terpaksa dilumpuhkan petugas usai berusaha kabur dari sergapan tim Reskrim Polsek Kotabaru, dan Resmob Polda Jambi.

Kapolresta Jambi Kombes Dover Christian melalui Kapolsek Kota Baru AKP Afrito Marbaro membenarkan adanya penangkapan tersebut.

"Ya, penangkapannya di salah satu minimarket di kawasan Simpang Kawat, Kota Jambi," kata Afrito kepada wartawan, Rabu (23/1/2020).

 Penembakan

Diakuinya, pelaku ini merupakan narapidana Lapas Sumbar dan Lapas Jambi yang sudah lama melarikan diri.

"Pelaku tersebut merupakan narapidana Lapas Sumbar dengan terpidana mati dalam kasus pembunuhan di Padang yang melarikan diri ke Jambi," tegasnya.

Dia menambahkan, terpidana ini setelah tertangkap ditahan di Lapas Klas IIA Jambi, namun pelaku tersebut juga berhasil melarikan diri dari dalam Lapas.

"Pelaku ini sudah hampir 5 tahun menjadi DPO karena kabur dari dalam Lapas," ungkap Alfrito.

Tidak hanya itu, sambungnya, selama 5 tahun menjadi DPO tersebut, dia kerap melakukan aksi curanmor di berbagai TKP di wilayah Kota Jambi.

"Setelah kabur dari dalam Lapas, pelaku ini melakukan aksi curanmor. lokasinya sudah ada 5 yang terdata," sambungnya.

Menurutnya, saat dilakukan penangkapan, pelaku berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan terhadap petugas. "Pelaku terpaksa kita lumpuhkan dengan timah panas di bagian kedua kakinya," tegas Alfrito. Guna penyelidikan lebih lanjut, saat ini pelaku diamankan di sel tahanan Polsek Kotabaru Jambi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini