nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

GKR Hemas Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Bersih Cegah Virus Korona

Kuntadi, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 15:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 28 510 2159533 gkr-hemas-ajak-masyarakat-terapkan-pola-hidup-bersih-cegah-virus-korona-xmqkWhh0d1.jpg GKR Hemas (Foto : Okezone.com)

KULONPROGO – Virus korona telah menyebabkan jatuhnya sejumlah korban jiwa. Atas wabah tersebut, Pemerintah Indonesia juga telah menerapkan pengawasan melekat kepada masyarakat yang habis bepergian dari luar negeri. Permaisuri Keraton Yogyakarta, GKR Hemas meminta warga untuk melakukan pola hidup bersih.

“Untuk mencegah (penyebaran virus corona) kami ajak masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih,” ujar GKR Hemas, disela pelantikan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kulonprogo, di rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Selasa (28/1/2020).

Dengan mudahnya virus tersebut ini menyebar ke manusia, perlu deteksi sejak dini kepada yang terinfeksi virus corona. Karena itu, Kementerian Kesehatan pun telah melakukan screening kepada para penumpang pesawat dan kapal laut dari luar negeri.

Untuk mengantisipasinya, perlu upaya pencegahan dari setiap masyarakat. Salah satunya dengan menggunakan alat pelindung diri.

“Setelah bepergian atau sebelum makan, harus cuci tangan dengan sabun,” kata Hemas.

Diakuinya, masyarakat masih memiliki kebiasan buruk yang harus diubah, cuci tangan dengan sabun masih dianggap masalah sepele. Padahal pola hidup bersih merupakan cara ampuh untuk mencegah menularnya bibit penyakit.

Baca Juga : Stok Makanan Menipis, Kemenlu Akan Kirim Logistik untuk WNI di Provinsi Hubei

“Setelah bepergian jauh, harus ganti baju. Jangan mengelap tangan yang sudah dicudi di baju,” terangnya.

Diketahui, wabah virus corona terjadi di beberapa negara. Virus tersebut pertama kali ditemukan di Kota Wuhan di China.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini