nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Langkah Pemprov Agar Virus Korona Tak Masuk Jateng

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 13:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 28 512 2159478 begini-langkah-pemprov-agar-virus-korona-tak-masuk-jateng-jICZ1EJkNV.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (foto: Dokumentasi Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya memberikan perhatian serius terhadap kasus penyebaran virus korona. Bahkan, di setiap pintu masuk ke Jawa Tengah didirikan posko untuk pengecekan.

"Dulu ketika ini terjadi isu (korona) kita sudah perintahkan dua hal," kata Ganjar, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga: Cegah Virus Korona, Wisatawan Asing di Bandara Ngurah Rai Mulai Banyak Kenakan Masker 

"Saya perintahkan untuk seluruh pintu masuk seluruh Jawa Tengah disiapkan posko untuk pengecekan," tambahnya.

Cegah Virus Korona, Calon Penumpang Pesawat Kenakan Masker 

Selain itu, Ganjar juga memerintahkan seluruh rumah sakit memberikan laporan situasi terkini kepada dinas terkait di Provinsi Jateng untuk memudahkan pengecekan. Hasilnya, sejak 27 Januari mulai masuk beberapa laporan tentang pasien dengan gejala mirip terpapar virus Korona di berbagai wilayah.

"Seluruh rumah sakit setiap hari harus memberikan laporan yang terintegrasi di dinas kesehatan, sehingga nantinya kami bisa mendapatkan laporan itu (pasien diduga Korona)," terangnya.

"Setelah itu kami mendapatkan laporan rutin dari Kepala Dinas Kesehatan beberapa (daerah) yang ada, mulai dari mereka melaporkan rutin per 27 Januari kemarin ada kewaspadaan," ucap politikus PDIP itu.

Sebelumnya diberitakan, pasien dengan gejala mirip terkena virus Korona ditemukan di Cilacap, Jawa Tengah. Dia merupakan WNA China yang baru saja pulang dari Wuhan, China. Selain itu terdapat pasien dengan gejala serupa di RSUP dr Kariadi Semarang.

Baca Juga: Menkes Terawan: 243 WNI di Wuhan dalam Kondisi Sehat

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini