nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Kaget Banjir Bandang di Bondowoso Tak Diawali dengan Hujan

Kamis 30 Januari 2020 00:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 29 519 2160387 warga-kaget-banjir-bandang-di-bondowoso-tak-diawali-dengan-hujan-mrgfF0vgp9.JPG Rumah warga rusak diterjang banjir bandang di Bondowoso (Foto: Okezone)

BONDOWOSO – Banjir bandang menerjang wilayah Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Jatim), Rabu (29/1/2020) sore. Kejadian ini membuat warga terkejut lantaran sudah hampir sepekan terakhir hujan tidak turun di wilayah itu.

Banjir memutus akses jalan desa setempat dan jalan menuju Pegunungan Ijen. Selain itu, sejumlah lahan pertanian juga rusak akibat arus deras banjir yang datang tiba-tiba tersebut.

Video amatir warga merekam detik-detik terjadinya banjir bandang di wilayah Pegunungan Ijen, tepatnya di Desa Sempol, pada Rabu sore. Banjir datang dengan cepat dan memutus akses jalan utama yang menghubungkan dataran Ijen menuju Kabupaten Bondowoso.

Arus banjir yang sangat deras disertai lumpur tebal membuat warga kaget dan khawatir, khususnya yang bermukim di kawasan yang dilalui banjir bandang. Banjir diduga datang dari arah hulu, tepatnya di kawasan Hutan Desa Jampit.

Lokasi hulu banjir hingga hilir sekitar 15 kilometer (km). Yang membuat warga setempat heran, sudah hampir sepekan terakhir tidak ada hujan di kawasan Kecamatan Ijen.

Peristiwa banjir ini bukan kali pertama terjadi. Beberapa tahun sebelumnya, peristiwa banjir juga terjadi dengan intensitas yang sama. Polisi telah terjun ke lokasi untuk mengamankan wilayah yang direndam banjir dan memastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini.

“Kami pastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir bandang ini. Kondisi masih aman,” kata Kapolsek Ijen, AKP Hadi Siswoyo, mengutip iNews.id.

Kapolsek mengimbau warga setempat agar menjauh dari lokasi aliran banjir karena dikhawatirkan terseret arus dan tenggelam.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini