nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tentara Turki Tewas karena Serangan Suriah, Erdogan Minta Rusia Jangan Ikut Campur

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 17:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 03 18 2162682 4-tentara-turki-tewas-karena-serangan-suriah-erdogan-minta-rusia-jangan-ikut-campur-Mp8vsm40Su.jpg Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto/Twitter)

ANKARA - Turki memperingatkan Rusia untuk tidak ikut campur terkait aksi pembalasan atas serangan pasukan pemerintah Suriah yang menewaskan empat tentaranya di Idlib Suriah.

Empat tentara Turki tewas dan sembilan lainnya luka-luka, salah satunya luka serius, karena serangan pasukan pemerintah Suriah di wilayah barat laut Suriah, Idlib, pada Senin, kata kementerian pertahanan Turki.

Sementara enam tentara Suriah tewas dalam serangan balasan Turki.

"Saya ingin secara khusus memberi tahu pihak berwenang Rusia bahwa lawan bicara kami di sini bukan Anda, melainkan rezim [Suriah], dan jangan menghalangi jalan kami," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melansir Al Arabiya, Senin (3/2/2020).

Rusia mengatakan militer Turki mendapat serangan dari pasukan rezim Suriah karena mereka tidak memperingatkan Moskow tentang operasi mereka di Idlib, menurut Kantor Berita TASS, yang mengutip Kementerian Pertahanan Rusia.

Turki melihat pasukan pemerintah Suriah sebagai "target" di sekitar pos-pos pengamatan Turki di Idlib barat laut Suriah, kata seorang juru bicara Partai AK yang berkuasa.

"Rezim (Suriah) mulai sekarang menjadi target bagi kami di kawasan setelah serangan ini. Kami berharap Rusia tidak akan melindungi rezim atau melindungi mereka, karena setelah serangan jelas terhadap angkatan bersenjata kami, pasukan rezim di sekitar pos kami menjadi sasaran," tutur Omer Celik mengatakan pada penyiar CNN Turk.

Dia menambahkan pemerintah Suriah "bertindak seperti organisasi teroris" dan akan ada pembicaraan dengan para pejabat Rusia, yang mendukung pemerintah Suriah, mengenai situasi di wilayah Idlib.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini