Share

"Seperti Kapal Hantu", Cerita Penumpang Kapal Pesiar yang Dikarantina karena Virus Korona

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 06 Februari 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 18 2164157 seperti-kapal-hantu-cerita-penumpang-kapal-pesiar-yang-dikarantina-karena-virus-korona-b4epr59WCb.jpg Kapal pesiar Diamond Princess. (Foto/Twitter @Sasamon99)

YOKOHAMA – Sebuah kapal pesiar Diamond Princess dikarantina setelah seorang penumpangnya mengalami gejala terjangkit virus korona jenis baru.

Kementerian Kesehatan Jepang, melansir NHK, Kamis (6/2/2020) mengatakan ada 20 penumpang terinfeksi virus korona setelah mengambil 300 sampel dari penumpang. Ada lebih 3.600 orang di atas kapal mewah tersebut.

Saat ini para penumpang kapal dikurung di kamar mereka untuk menghentikan penyebaran virus korona, sementara para petugas terus melakukan skrining. Kapal akan diisolasi selama 14 hari di pelabuhan Yokohama.

Foto-foto yang bereda di media sosial menunjukkan petugas medis memberikan makanan kepada para tamu, serta koridor dan dek kapal yang sepi.

Baca juga: TKI Ilegal di Wuhan: Saya Takut, Harus Minta Tolong kepada Siapa?

Baca juga: WHO: Wabah Virus Korona Belum Capai Tingkat Pandemi

Penumpang asal Inggris David Abel melansir Mirror, mengatakan kapal itu seperti kapal hantu.

"Saya berjalan-jalan di sekitar bagian kapal yang biasanya sangat sibuk, para musisi terus, biasanya ada kerumunan orang, bahkan area perbelanjaan kosong," katanya.

Dalam sebuah video yang diunggah di Facebook, dia menceritakan pengalamannya saat kapal dikarantina pada hari pertama

Kita dikurung di sini sepanjang waktu. Kita sudah minum satu minuman panas sejak pagi ini. Kami mendapatkan air botolan tetapi kami hanya ditawarkan minuman satu kali,” Abel bercerita.

Ia mengisahkan bahwa makanan yang diterimanya benar-benar berubah. “Kami tidak berada di kapal pesiar mewah. Ini sangat kontras dengan dua minggu pertama pelayaran,” lanjut dia.

Ia menjelaskan bahwa pelayaran tidak akan menjadi pelayaran mewah. “Ini akan seperti penjara mengambang," kata Abel.

Meskipun dikarantina, Abel mengatakan pengalaman itu tidak membuatnya berhenti berlayar.

Kapal pesiar dikarantina pemerintah Jepang setelah mengetahui ada seorang pria berusia 80 tahun, yang kemudian didiagnosis terinfeksi vieus korona, naik ke Diamond Princess di Yokohama pada 20 Januari dan turun di Hong Kong pada 25 Januari.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini