Cegah Penyebaran Virus Korona, Kapal Pesiar Sementara Dilarang ke Sabang

Windy Phagta, Okezone · Rabu 12 Februari 2020 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 340 2167511 cegah-penyebaran-virus-korona-kapal-pesiar-sementara-dilarang-ke-sabang-nODsQZczXK.jpg Ilustrasi Kapal Pesiar Diamond Princess (Foto : Twitter/@Sasamon99)

BANDA ACEH - Wali Kota Sabang, Nazaruddin meminta Badan Pengusahaan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menunda sementara kedatangan kapal pesiar yang hendak ke Sabang. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona yang saat ini tengah marak dan telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh negara.

Surat bernomor 556/0933 dikeluarkan Wali Kota Sabang, menyikapi rencana berlabuhnya kapal pesiar pada 16 Februari 2020, yang membawa 1.200 orang penumpang.

Menurutnya, upaya pencegahan ini dilakukan bukan untuk menghambat datangnya para wisatawan asing ke Sabang. Namun, imbauan dari badan kesehatan dunia WHO agar seluruh negara belum terdampak penyebaran virus korona tetap waspada dan menghindari sementara waktu datang atau bepergian ke luar negeri.

“Dengan mempertimbangkan masukan eleman masyarakat, untuk sementera waktu agar kedatangan kapal pesiar dari luar negeri ditunda sampai virus korona (Covid-19) dinyatakan sudah aman oleh WHO,” tulis Nazaruddin dalam surat edarannya, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga : 47 Orang Positif Korona, Pemerintah Belum Berencana Tutup Penerbangan ke Singapura

Sementara itu, Kabag Humas Pemko Sabang, Bahrul Fikri, mengatakan pihaknya telah melakukan konsolidasi dengan lintas sektor di Kota Sabang untuk mencegah masuknya virus corona ke pulau di ujung Sumatera tersebut.

Bahrul menambahkan, Kota Sabang melalui Dinas Kesehatan dan KB saat ini sedang menyusun Tim Gerak Cepat (TGC) yang melibatkan seluruh lintas sektor terkait di Kota Sabang, yang dipersiapkan untuk kesiapsiagaan penyebaran virus korona. Ruang isolasi juga telah disiapkan beberapa kamar di RSUD Sabang dan Rumah Sakit J. Lilipory.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini