nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat Rekor Tertinggi, Untuk Pertama Kalinya Suhu di Antartika Lampaui 20C

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 14 Februari 2020 15:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168494 catat-rekor-tertinggi-untuk-pertama-kalinya-suhu-di-antartika-lampaui-20c-voo5WAyvh4.jpg Foto: Reuters.

SUHU di Antartika telah melampaui 20C untuk pertama kalinya dalam sejarah. Menurut para peneliti suhu setinggi 20,75C telah tercatat di sebuah pulau di lepas pantai Antartika.

Ilmuwan Brasil Carlos Schaefer mengatakan kepada AFP bahwa mereka belum pernah melihat suhu setinggi itu di Antartika. Meski begitu, dia memperingatkan bahwa suhu yang dicatat pada 9 Februari 2020 itu hanyalah satu bacaan dan bukan bagian dari set data jangka panjang.

Pekan lalu benua itu juga mencatat rekor suhu tertinggi setelah suhu 18,3C terpantau di Semenanjung Antartika.

Bacaan terbaru itu diambil di stasiun pemantauan di Pulau Seymour, yang merupakan bagian dari rangkaian pulau di semenanjung di titik paling utara Antartika.

Meskipun suhu itu adalah rekor tertinggi, Schaefer menekankan bahwa catatan itu bukan bagian dari studi yang lebih luas dan menurutnya tidak dapat digunakan untuk memprediksi tren.

"Kami tidak bisa menggunakan ini untuk mengantisipasi perubahan iklim di masa depan. Ini adalah titik data," katanya sebagaimana dilansir BBC, Jumat (14/2/2020). "Itu hanya sinyal bahwa sesuatu yang berbeda sedang terjadi di daerah itu."

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB, suhu di Benua Antartika telah meningkat hampir 3C selama 50 tahun terakhir. Sementara itu selama 12 tahun terakhir, gletser di benua itu telah semakin berkurang, yang diyakini terjadi akibat pemanasan global.

Rekor suhu sebelumnya untuk seluruh wilayah Antartika, yang meliputi benua, pulau-pulau, dan lautan yang berada di zona iklim Antartika, adalah 19,8C, yang tercatat pada Januari 1982.

Pada Juli 2019, wilayah Arktik juga mencapai rekor suhu terhangat, 21C, yang dicatat oleh pangkalan di ujung utara Pulau Ellesmere, Arktik Kanada.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini