nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov Jatim Siapkan Tim Trauma Healing bagi 65 Warga Sepulang dari Natuna

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 10:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 15 519 2168855 pemprov-jatim-siapkan-tim-trauma-healing-bagi-65-warga-jatim-sepulang-dari-natuna-uKaXf85gTo.JPG Ratusan WNI yang menjalani observasi sepulang dari China (Foto: Ist)

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan tidak akan menyiapkan sambutan institusional terhadap 65 orang warga Jawa Timur yang tiba dari Natuna, Kepulauan Riau, usai dipulangkan dari China akibat dampak virus korona yang mewabah.

Menurut, Khofifah pihaknya telah memastikan jumlah warga Jawa Timur yang dipulangkan dari Natuna yakni sebanyak 65 orang. Nantinya seluruhnya akan disambut oleh pihak keluarga masing-masing.

"Jadi, yang menyambut nanti dari pihak keluarga 65 WNI tersebut, yang telah selesai proses karantinanya," ujar Khofifah, Sabtu (15/2/2020).

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah menyiapkan tim trauma healing dan konseling guna memulihkan psikis para WNI asal Jawa Timur dan keluarganya. Dirinya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Jawa Timur, dan rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terkait hal tersebut.

Khofifah Indar Parawansa

"Kita punya ruang isolasi di RSUD Soetomo, RSUD Saiful Anwar, dan RSUD Soedono. Kita akan menjaga supaya tidak kekhawatiran dari masyarakat. Terutama warga yang di sekitar di mana saudara kita baru kembali ini," tuturnya.

Dia menegaskan, kalau warga Jawa Timur yang dipulangkan dari Natuna, Kepulauan Riau sudah dinyatakan dalam kondisi sehat dan sudah mengantongi surat keterangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Saya pastikan mereka dalam kondisi sehat dan sudah dapat suket dari Kemenkes. Dan Kemenkes dengan tegas meminta kita tidak melakukan penyambutan institusional. Saya minta warga Jatim tidak perlu khawatir," pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 65 warga Jawa Timur yang dievakuasi dari Wuhan, China dan telah menjalani observasi sehat di Natuna, Kepulauan Riau, pasca-merebaknya Covid-19 atau korona dipulangkan. Dijadwalkan, 65 warga Jatim tersebut tiba di Surabaya pada Sabtu 15 Februari 2020 hari ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini