nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulang ke Sampang, 2 Peserta Observasi dari Natuna Berbaur dengan Masyarakat

Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 16 519 2169366 pulang-ke-sampang-2-peserta-observasi-dari-natuna-berbaur-dengan-masyarakat-4jHCZHM5By.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Menerima WNI di Bandara Juanda Usai Observasi di Natuna (foto: Istimewa)

SURABAYA - Dua mahasiswa asal Sampang yang menjalani observasi selama dua pekan di Natuna, Kepulauan Riau, dinyatakan sehat dan bebas virus korona atau Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, serta mereka bisa pulang ke rumah masing-masing.

Mereka dievakuasi pemerintah pusat melalui kementerian luar negeri dalam satu rombongan sebanyak 238 Warga Negara Indonesi (WNI) dari Wuhan, China ke Kepulauan Natuna pada 2 Februari 2020. Semua WNI menjalani observasi kondisi kesehatan selama 14 hari.

Baca Juga: 10 Warga Jateng Kantongi Sertifikat Sehat Usai Diobservasi di Natuna 

Di antaranya, dua mahasiswa asal Sampang, Madura, Jawa Timur, lolos dari karantina dan bebas virus korona, yakni Fachrus Rozi warga Dusun Duko, Desa Tambelangan, Kecamatan Tambelangan, dan Cakrawala Ramadhana Pratama Putra warga Jalan Pahlawan, Kecamatan Kota Sampang.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Terima WNI dari Natuna di Bandara Juanda, Sidoarjo (foto: Istimewa)	 

Keduanya, mahasiswa Hubei University Of Science and Technology, Kota Xianning, Provinsi Hubei, Wuhan China. Fachrur Rozi melanjutkan study S1 jurusan kedokteran melalui jalur subsidi beasiswa dari pemerintah China.

Mahasiswa itu dijemput keluarga di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu 15 Februari pukul 10:30 WIB, dan sampai di Sampang, Minggu 16 Februari 2020 pukul 01:30 WIB.

Penjemputan, keluarga mahasiswa didampingi pemerintah daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang.

"Anak saya dan temannya sehat normal. Mereka pulang dari Wuhan bersama 65 mahasiswa China yang berasal dari Jawa Timur," ujar ayah kandung Fachrus Rozi, H. Abdul Kholik, Minggu (16/2/2020).

Menurutnya, Rozi dan Cakrawala sudah mendapat sertifikat kesehatan bebas virus korona dari Kemenkes RI seusai menjalani observasi di Natuna.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Terima WNI dari Natuna di Bandara Juanda, Sidoarjo (foto: Istimewa)	 

"Anak kami bisa berbaur dengan masyarakat. Jika ada semacam tanda-tanda, disarankan segera memeriksakan diri," lanjutnya.

Baca Juga: Cerita Peserta Observasi Asal Bengkulu: Di Natuna Happy Banget, Makanannya Enak-Enak 

Pada 1 Februari 2020, pemerintah daerah Sampang telah memulangkan Laili Nadhiftul Fikriya (25) mahasiswi China asal Dusun Pesanggrahan, Desa Rapa Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang secara mandiri dalam kondisi sehat.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini