nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Evakuasi WNI, Kedatangan Kru TNI AU di Lanud Hasanuddin Disambut Bahagia

Herman Amiruddin, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 21:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 16 609 2169411 usai-evakuasi-wni-kedatangan-kru-tni-au-di-lanud-hasanuddin-disambut-bahagia-0AtRwkk6qk.jpg Kedatangan kru TNI AU usai misi kemanusiaan disambut bahagia keluarga di Lanud Sultan Hasanuddin. (Ist)

MAKASSAR – Kepulangan 25 kru TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin Makassar disambut bahagia keluarga. Suasana haru dan bahagia meliputi ketika pihak keluarga menyambut kedatangan para prajurit TNI AU yang barus aja tiba dari Natuna di Lanud Hasanuddin, Minggu 16 Februari 2020.

Sejumlah prajurit TNI AU juga menyanyikan lagu penyambutan terhadap seluruh kru TNI AU di Lanud Hasanuddin Makassar.

Sebelumnya, kru TNI AU ini ikut menjemput dan mengantar WNI misi kemanusiaan dari Batam ke Natuna. Usai membantu evakuasi, para kru ikut diobservasi di Natuna.

Salah satu kru TNI AU Lanud Hasanuddin Mayor Penerbang Paratama, Ivandi dari Skuadron Udara 33 mengatakan, selama mengevakuasi WNI banyak tantangan yang dilaluinya.

"Kami di sana juga dilakukan karantina selama 14 hari di East Epron Natuna. Di sana kami melaksanakan kegiatan-kegiatan mandiri. Di antaranya kami menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga pagi dan sore, makan teratur," kata Ivandi saat tiba di Lanud Sultan Hasanuddin.

"Kami juga menjaga kondisi psikologis kita. Kita sudah disipakan TV, musik, game, dan permainan lainnya," ujar Ivandi.

Suasana Haru Sambut Kedatangan Kru TNI AU di Lanud Hasanuddin. (ist)

Ia mengaku sangat bersyukur bisa menyelesaikan misinya dan kembali bersama keluarganya.

Selama menjalankan tugas kemanusiaan itu, pihak keluarga mengaku sangat cemas. Apalagi, saat mereka harus menjalani masa observasi di Natuna. Mereka pun sangat lega setelah dinyatakan bebas dari virus korona (Covid-19).

"Sebelum berangkat, kita rapat terkait apa saja yang akan kami lakukan. Kita mencari tahu risiko-risiko yang mungkin kita hadapi. Kami semua merasa puas, kangen, lega, haru, semuanya bercampur aduk," tuturnya.

Selain 25 kru TNI AU dari Sultan Hasanuddin, kru batik Air yang mengantar WNI dari Wuhan, Kru Lanud Halim Perdana Kusuma, serta kru Skuadron Udara 17 yang ikut dalam misi kemanusiaan evakuasi WNI asal Cina juga diobservasi di Natuna.


Baca Juga : Pulang ke Sampang, 2 Peserta Observasi dari Natuna Berbaur dengan Masyarakat

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini