nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eks Kapolda Jatim Kantongi Tiket Pilwalkot Surabaya dari 6 Parpol

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 18:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 19 519 2171025 eks-kapolda-jatim-kantongi-tiket-pilwalkot-surabaya-dari-6-parpol-3x7IR4r16L.jpg Machfud Arifin mendapat dukungan dari Partai Nasdem (Foto: Okezone/Syaiful Islam)

SURABAYA - Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen (Purn) Machfud Arifin memborong 6 partai politik untuk dijadikan 'kendaraan' dalam pelaksanaan Pilwalkot Surabaya 2020. Sebelumnya, Machfud hanya diusung 5 partai meliputi PKB, Demokrat, Gerindra, PPP dan PAN. 

Terbaru dukungan kembali datang dari Nasdem. Partai besutan Surya Paloh ini mantap mengusung Machfud Arifin karena dinilai mampu membawa Kota Surabaya lebih maju dan sejahtera. Apalagi, Machfud merupakan warga Surabaya asli. Sehingga tahu betul kondisi kota pahlawan ini.

"Partai Nasdem menjatuhkan pilihan pada beliau (Machfud Arifin). Satu-satunya calon yang bisa memajukan, mensejahterakan dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di Surabaya," ujar Ketua DPD Nasdem Kota Surabaya, Robert Simangunsong, usai menyerahkan surat rekomendasi calon Walikota Surabaya 2021-2026 pada Machfud di Surabaya, Rabu (19/2/2020).

Baca Juga: DPR Ingatkan Calon Kepala Daerah Jangan Jadikan Isu SARA sebagai Komoditas Politik 

Robert mengajak kepada seluruh kader dan pengurus Nasdem mulai tingkat ranting sampai DPP untuk bahu-membahu memenangkan Machfud Arifin dalam Pilwalkot Surabaya. Begitu juga dengan partai koalisi untuk bekerja keras dan gotong royong agar bisa mengantarkan Machfud jadi Wali Kota Surabaya.

"Semoga yang direncanakan kita ini Pak Machfud dapat menjadi wali kota, supaya Surabaya lebih aman dan sejuk serta sejahtera," ujar Robert.

Sementara itu, Machfud Arifin mengaku bersyukur atas dukungan yang diberikan partai Nadem pada dirinya. Dia menilai Nasdem merupakan partai yang cerdas.

Sebab di usianya yang baru 8 tahun banyak kadernya yang menjadi pemimpin di daerah. Serta perolehan suara Nasdem pada pileg 2019 mampu mengalahkan partai yang lebih tua.

"Tentunya saya tidak mengurangi rasa hormat dengan 5 partai pengusung sebelumnya. Hari ini menjadi 6 partai yang mengusung saya. Saya berharap nanti bahu membahu dan bekerja keras untuk menkapitalisasi suara yang diperoleh saat pileg menjadi lebih banyak lagi maksimal 3 kali lipat, agar bisa memenangkan pilwali Surabaya," ucap Machfud.

 Ilustrasi

Disinggung soal pasangannya sebagai calon wakil, Machfud mengaku hingga saat ini dirinya masih belum menentukan. Namun dia memasang dua syarat bagi calon wakilnya. Pertama harus bisa mendongkrak perolehan suara saat pilwalkot Surabaya nanti.

"Kedua, Insya Allah kalau saya jadi wali kota harus cepat bahu membawa dan gotong-royong dalam membangun Surabaya, tidak ribetin dan gandolin," ujar Machfud.

Baca Juga: Pilkada 2020, PDIP Umumkan 48 Calon Kepala Daerah Gelombang Pertama 

Perlu diketahui, keenam partai pengusung Machfud tersebut mempunyai jumlah total 21 kursi di DPRD Kota Surabaya. Rinciannya PKB 5 kursi, Gerindra 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, Nasdem 3 kursi dan PPP 1 kursi.

Adapun syarat minimal partai politik atau gabungan partai politik mengusung pasangan calon (paslon) di Pilwalkot Surabaya minimal mengantongi 10 kursi di DPRD Kota Surabaya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini