nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza dan Suriah, Targetkan Kelompok Jihad Islam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 11:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 24 18 2173138 israel-lancarkan-serangan-udara-ke-gaza-dan-suriah-targetkan-kelompok-jihad-islam-FJT3P3AwgN.jpg Foto: Reuters.

GAZA - Jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke posisi yang diduga dikontrol oleh kelompok Jihad Islam di Suriah, setelah kedua belah pihak saling bertukar tembakan roket di sekitar Gaza. Serangan itu dikonfirmasi militer Israel pada Senin, 24 Februari 2020.

Dalam pernyataan yang dilansir Reuters, Senin (24/2/2020), militer Israel menyatakan pasukan telah menyerang target Jihad Islam di selatan Damaskus, dan puluhan target lainnya milik kelompok itu di Jalur Gaza.

BACA JUGA: Tentara Israel Gunakan Buldoser untuk Singkirkan Jasad Warga Palestina yang Dibunuh

Serangan udara di wilayah Adeliyah di luar Damaskus menargetkan apa yang oleh militer Israel disebut sebagai "pusat kegiatan Jihad Islam di Suriah", termasuk penelitian dan pengembangan senjata.

Pengumuman Israel itu muncul tak lama setelah media pemerintah Suriah menyatakan sistem pertahanan udaranya telah mencegat "target bermusuhan" atas Ibu Kota Suriah, Damaskus.

Serangan tersebut meningkatkan ketegangan dalam rangkaian pertikaian terbaru, yang dimulai pada Minggu fajar, 23 Februari 202, saat pasukan Israel membunuh seorang anggota Jihad Islam yang sedang berusaha menanam bahan peledak di dekat pagar perbatasan Israel dengan Jalur Gaza.

BACA JUGA: Israel dan Jihad Islam Sepakati Gencatan Senjata, 34 Warga Palestina Tewas

Jihad Islam menembakkan serangkaian roket dari Gaza ke Israel sebagai pembalasan, memicu sirene serangan udara di komunitas-komunitas seperti Ashkelon. Israel membalas dengan serangkaian serangan udara di Gaza.

Militer Israel mengatakan bahwa di antara "puluhan" target yang dihantam di Gaza adalah infrastruktur bawah tanah dan kompleks di Rafah yang telah digunakan untuk menyimpan bahan baku yang digunakan untuk membuat roket.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini