Kementerian Kominfo Ajak Masyarakat Toraja Bela Negara Versi Kekinian

Wilda Fajriah, Okezone · Selasa 25 Februari 2020 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 25 1 2173962 kementerian-kominfo-ajak-masyarakat-toraja-bela-negara-versi-kekinian-Zd5CboYZAK.jpg dok: Kominfo

TORAJA UTARA - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mengajak masyarakat Kabupaten Toraja Utara untuk ikut serta dalam usaha bela negara versi masa kini melalui Forum Bincang Teras Negeriku “Bela Negara Masa Kini” diGedung Pusat Pelayanan Pemuda, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Kamis, (20/2/2020).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Toraja Utara, Semuel Sampe Rompon mengatakan bela negara bertujuan untuk menjaga eksistensi Negara Kesatuan RI dan juga sebagai upaya untuk terus mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa yaitu mensejahteraan rakyat.

ist

Menurutnya, untuk melakukan bela negara dalam kondisi saat ini, bukan dengan cara konvesional yaitu perang. Kondisi saat ini yang banyak memiliki ancaman, gangguan dan tantangan seperti globalisasi, narkoba.

"Upaya mempertahankan eksistensi negara Indonesia menghadapi segala tantangan, itulah inti dari bela negara," ujar Semuel.

Sementara, salah satu narasumber yang juga dosen UKI dan Ketua Integritas Toraja Utara, Pendeta Johana Tangirerung menjelaskan alasan mengapa warga perlu bela negara. Karena kata dia saat kita ini berada di dunia global, pusat lintas dunia yang ada tantangan.

"Perubahan paradigma ancaman bukan hanya dari militer tapi non militer yaitu persoalan demografi, ideologi, jumlah dan kepadatan penduduk yang besar, SDM, SDA, kerusakan lingkungan hidup dan kemiskinan. Hal ini yang perlu dilakukan tindakan bela negara", lanjutnya.

Kasubdit Informasi dan Komunikasi Hankam, Kominfo, Dikdik Sadaka mengamini hal tersebut. Menurutnya salah satu wujud bela negara yang dapat dilakukan oleh pemuda saat ini adalah belajar dan mendengarkan pelajaran. Bela negara diwujudkan melalui sikap dan perilaku yang didasari pada cinta Tanah Air, untuk menegakkan keutuhan negara Indonesia.

Senada dengan pernyataan narasumber lainnya, Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, menambahkan, cara bela negara adalah agar memahami nilai-nilai pancasila, segala hal positif sudah tercantum pada nilai-nilai pancasila.

"Yang penting generasi muda harus punya tujuan untuk memajukan Indonesia sesuai dengan kemampuan dan eksistensi kita sendiri," tutupnya.

Acara ini dihadiri para pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat, dan tokoh masyarakat Kabupaten Toraja Utara.

(cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini