Norwegia, Georgia, Pakistan, Makedonia Laporkan Kasus Pertama, 48 Negara Positif Terinfeksi Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 27 Februari 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 18 2174928 norwegia-georgia-pakistan-makedonia-laporkan-kasus-pertama-48-negara-positif-terinfeksi-covid-19-j8sE0v1xHi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OSLO – Norwegia, Georgia, Pakistan, dan Makedonia melaporkan kasus pertama infeksi virus korona di negara mereka, menjadikan penyakit yang telah diberi nama Covid-19 itu saat ini telah menyebar ke 48 negara di seluruh dunia.

Badan Kesehatan Masyarakat Norwegia pada Rabu, 26 Februari 2020 mengatakan bahwa satu orang dinyatakan positif mengidap virus korona Covid-19. Pasien pertama yang dikonfirmasi di negara Skandinavia itu ini menjalani isolasi di rumahnya.

BACA JUGA: Pakar AS Sebut Pandemi Virus Korona Covid-19 Tidak Bisa Dihindari

Menurut badan itu, pasien tersebut baru kembali dari China pada akhir pekan lalu, tetapi tidak tampak sakit dan kemungkinan tidak menulari orang lain.

Sementara itu Georgia melaporkan kasus pertama virus korona terkait seorang warga negaranya yang sedang melakukan perjalanan dari Iran, melintasi perbatasan Azerbaijan.

"Dia segera dibawa ke rumah sakit dari pos pemeriksaan perbatasan," kata Menteri Kesehatan Georgia Ekaterine Tikaradze sebagaimana dilansir Al Jazeera, Kamis (27/2/2020).

Di Pakistan, Menteri Kesehatan Zafar Mirza membenarkan telah ada dua kasus pertama virus korona di negara itu.

"Kedua kasus sedang dirawat sesuai dengan protokol standar klinis dan keduanya stabil," tulis Mirza di Twitter.

"Tidak perlu panik, semuanya sudah terkendali. Aku akan mengadakan konferensi pers besok sekembalinya dari Taftan."

Kasus perdana virus korona lainnya dilaporkan di Makedonia, di mana seorang wanita yang baru kembali dari Italia dikonfirmasi positif terinfeksi virus tersebut.

"Pasien dinyatakan positif terkena virus korona... Dia adalah pasien pertama di Makedonia Utara yang dites positif untuk patogen ini," kata Menteri Kesehatan Venko Filipce.

BACA JUGA: 400 Kasus Covid-19 Dikonfirmasi di Italia, Lebih dari 80.000 di Seluruh Dunia

Wanita, yang pergi ke Makedonia Utara dari Italia dengan sebuah van, itu mencari bantuan medis pada Rabu pagi. Filipce mengatakan, semua penumpang van itu saat ini sedang menjalani tes.

Hingga saat ini sekira 81.000 orang di seluruh dunia dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Virus yang berasal dari Wuhan, China tengah itu juga telah menyebabkan sedikitnya 2.770 orang meninggal dunia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini